Momen Iduladha 2021, Disnakkeswan Jateng Pantau dan Pengecekan Kesehatan Hewan Kurban

ayosemarang | Nasional | Published at 13/07/2021 10:21
Momen Iduladha 2021, Disnakkeswan Jateng Pantau dan Pengecekan Kesehatan Hewan Kurban

SEMARANGTENGAH, AYOSEMARANG.COM -- Jelang Iduladha 2021, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Jateng, akan melakukan pemantauan dan pengecekan kesehatan hewan bersama dinas peternakan di kabupaten/kota.

Kepala Disnakkeswan Jawa Tengah Lalu Muhammad Syafriadi mengatakan, selain melakukan pemantauan hewan, Disnakkeswan Jateng, juga akan melatih para juru sembelih hewan kurban.

"Kita juga akan bersama persatuan dokter hewan seluruh Indonesia melakukan pemeriksaan ante mortem dan post mortem hewan ke tempat pemotongan hewan," ujarnya dalam keterangan yang didapat, Selasa 13 Juli 2021.

Ditanya terkait kecukupan pasokan hewan kurban, Lalu mengaku stock di Jateng cukup melimpah. Dari datanya, populasi sapi, kerbau, kambing dan domba di Jateng sekitar lima juta ekor.

Disnakkeswan Jateng, juga akan menyiagakan Pos Kesehatan Hewan dan Pos Lalu Lintas Ternak (PLLT), untuk memastikan hewan yang datang dari luar Jawa Tengah bebas dari penyakit.

"Ini yang harus kita perhatikan. (pencegahan penularan) Covid-19, bukan hanya tanggungjawab dari rumah sakit, tetapi kita semua," katanya.

Artikel Asli