Gegara Karaoke saat Jam Kerja, Jabatan Kepala Puskesmas Situ Udik Bersama Dua Stafnya Dicopot

ayobogor | Nasional | Published at 13/07/2021 09:08
Gegara Karaoke saat Jam Kerja, Jabatan Kepala Puskesmas Situ Udik Bersama Dua Stafnya Dicopot

CIBUNGBULANG, AYOBOGOR - Kasus video viral petugas Puskesmas Situ Udik, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor yang berkaraoke ria di saat jam kerja berbuntut panjang.

Kejadian yang sempat membuat Bupati Bogor Ade Yasin geram itu, akhirnya berujung pada pencopotan dan pemecatan terhadap kepala puskesmas dan dua orang stafnya.

"Hari ini kami Kepala Puskesmas Situ Udik dan dua stafnya yang berkaraoke di jam kerja kami copot dari jabatannya," singkat Bupati Bogor Ade Yasin, Selasa 13 Juli 2021.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Mike Kaltarina tak mau banyak komentar mengenai pemecatan kepala dan staf Puskesmas Situ Udik, Kecamatan Cibungbulang tersebut.

"Kalau bupati sudah bicara mau bagaimana lagi. Mungkin beliau punya pertimbangan tersendiri, apalagi akhir pekan kemarin bupati sidak langsung ke lokasi," ujarnya.

Mike meyakini, jika keputusan Bupati Bogor dalam mencopot jabatan kepala puskesmas beserta stafnya merupakan keputusan terbaik dan atas pertimbangan yang matang.

"Saya yakin keputusan yang diambil bupati berdasarkan pertimbangan yang matang, serta sudah melalui Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Beperjakat)," ungkapnya.

Kendati demikian Mike meminta kepada seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Bogor, agar peristiwa di Pusekesmas Situ Udik menjadi pelajaran bagi semua fasilitas kesehatan dalam melayani masyarakat, terutama di masa PPKM Darurat.

"Pastinya dengan kejadian kemarin kami Dinas Kesehatan akan mengawasi lebih ketat lagi. Agar semuanya paham kalau kondisi kita ini sedang melaksanakan PPKM Darurat," tutupnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pasca hebohnya oknum nakes yang berkaroke ria di puskesmas tersebut, Bupati Bogor Ade Yasin langsung datang menyambangi puskesmas tersebut untuk memberikan teguran, sekaligus untuk mencari tahu kronologi yang sebenarnya pada akhir pekan kemarin.

Dalam Inspeksi mendadak (Sidak) tersebut Ade Yasin langsung mengumpulkan seluruha staf puskesmas, untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi sekaligus memberikan arahan kepada para petugas.

Ade Yasin meminta penjelasan sekaligus menegur puskesmas usai viralnya video petugas yang sedang asyik berkaraoke ria di saat jam kerja.

Diketahui, bahwa petugas yang karaoke di dalam Puskesmas tersebut menggunakan alat pengeras suara untuk memanggil pasien. Dengan alasan mengisi waktu menjelang jam pulang kerja.

Seluruh staf Puskesmas Situ Udik, saya kumpulkan sekaligus diberikan arahan. Tadinya kalau ada alat karaoke nya mau saya sita, tapi tadi hasil sidak ternyata tidak menggunakan alat karaoke tetapi sound system untuk memanggil pasien, kata Bupati Bogor Ade Yasin akhir pekan kemarin.

Kendati tidak menemukan sejumlah peralatan karoke, Bupati Bogor Ade Yasin yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Covid-19 itu menegur keras, perbuatan para nakes di puskesmas tersebut.Apapun alasannya itu salah, karena dilakukan pada saat jam kerja. Apalagi kondisi saat ini Kabupaten Bogor sedang darurat Covid-19, tegasnya.

Ade Yasin meminta kepada seluruh puskes agar kejadian ini menjadi catatan dan perhatian bagi semuanya. Saya tidak ingin kejadian ini terulang kembali di mana pun itu. Saya ingin ini menjadi perhatian semua puskesmas. Semuanya harus fokus menangani Covid-19, tidak boleh ada yang leha-leha dan abai, tutupnya

Artikel Asli