Percepat Mobilisasi Distribusi, Siap Sanksi Tegas Penimbun

radarjogja | Nasional | Published at 13/07/2021 08:25
Percepat Mobilisasi Distribusi, Siap Sanksi Tegas Penimbun

RADAR JOGJA Satuan Polisi Jalan Raya (SatPJR) Ditlantas Polda DIJ merespon kondisi kekurangan oksigen cair di sejumlah rumah sakit di Jogjakarta. Berupa pengawalan dari wilayah Jawa Tengah hingga rumah sakit tujuan. Langkah ini guna mempercepat mobilisasi distribusi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Wadirlantas Polda DIJ, AKBP Muhmmad Iqbal menuturkan pengiriman oksigen cair telah berlangsung sekian kalinya. Terbaru adalah bantuan dari Tonoton Foundation ke rumah sakit PKU Muhammadiyah Bantul. Oksigen cair ini juga diperuntukan untuk RS PKU Muhammadiyah Gamping Sleman, Senin (12/7).

Kami melakukan pengawalan oksigen cari dari wilayah Jawa Tengah ke sejumlah rumah sakit di Jogjakarta. Kami lakukan nonstop saat ada informasi pengiriman oksigen cair. Agar cepat sampai tujuan dan (oksigen di rumah sakit) cepat terisi, jelasnya dihubungi melalui sambungan telepon, Senin sore (12/7).

Iqbal menuturkan pengawalan dilakukan dari berbagai pintu masuk ke arah Jogjakarta. Tentunya dengan menggunakan jalur tercepat dari arah pengiriman oksigen cair. Koordinasi antar wilayah berlangsung untuk mempermudah pengiriman.

Pihaknya juga melakukan pengawalan oksigen dari PT. Samator Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu suplier utama oksigen cair. Baik di wilayah Jogjakarta maupun Jawa Tengah.

Titik pemberhentian langsung ke rumah sakit yang dituju. Itulah mengapa ada pengawalan agar bisa langsung jalan tanpa harus berhenti di persimpangan. Menjadi prioritas karena ini untuk kepentingan kesehatan, katanya.

Pihaknya membuka komunikasi dengan pihak rumah sakit maupun pemerintah daerah. Kaitannya adalah permintaan pengawalan oksigen dari wilayah luar Jogjakarta. Bisa melalui Polres maupun Polresta ataupun langsung ke Ditlantas Polda DIJ.

Kami siap membantu, kalau butuh bantuan dapat langsung menghubungi Direktorat Lalulintas Polda DIJ, ujarnya.

Kabidhumas Polda DIJ, Kombes Pol Yuliyanto memastikan pengawasan terhadap distribusi oksigen ketat. Terlebih saat ini tergolong dalam kondisi darurat. Berupa lonjakan kasus Covid-19 di setiap kabupaten dan kota di Jogjakarta.

Kapolres Sleman medio 2016 ini memastikan ada langkah tegas terhadap penimbun oksigen. Termasuk yang menaikan harga semena-mena. Dia meminta agar para pedagang tidak memanfaatkan situasi pandemi Covid-19 untuk mengeruk keuntungan.

Kami akan memantau dan mengawasi, bila ditemukan maka akan kami tindak tegas, ancamnya.(dwi/sky)

Artikel Asli