Benarkah Minum Kopi Bisa Mengurangi Risiko Terpapar Covid-19? Begini Penjelasannya

ayosemarang | Nasional | Published at 13/07/2021 07:46
Benarkah Minum Kopi Bisa Mengurangi Risiko Terpapar Covid-19? Begini Penjelasannya

JAKARTA, AYOSEMARANG.COM Minum secangkir kopi setiap hari bisa mengurangi risiko seseorang terpapar Covid-19. Benarkah jika kopi bisa mengurangi risiko terpapar Covid-19?

Sebuah riset yang dilakukan Northwestern University mengungkapkan, mengonsumsi satu cangkir kopi berpeluang 10 persen lebih kecil untuk terinfeksi Covid-19..

"Studi ini juga menambahkan bahwa minum kopi lebih dari satu cangkir adalah keuntungan tambahan bagi orang tersebut," kata peneliti dari Northwestern University seperti dikutip laman Republicworld, Senin 12 Juli 2021.

Dia menjelaskan, konsumsi kopi berhubungan positif dengan biomarker inflamasi seperti protein C-reaktif, faktor nekrosis tumor I (TNF-I) dan interleukin-6 (IL-6). Hal-hal tersebut berkaitan dengan tingkat infeksi paparan Covid-19 dalam tubuh.

Mengonsumsi kopi juga bermanfaat untuk memberikan perisai terhadap pneumonia. Penelitian menyebutkan bahwa kopi juga dapat menurunkan risiko pneumonia pada orang tua.

"Jika kopi diminum secara teratur, itu akan memiliki efek imunoprotektif melawan virus mematikan," kata penelitian itu.

Bukan hanya kopi, para peneliti juga menyebut bahwa mengonsumsi sayur-sayuran juga memainkan peran kunci dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Selain kopi dan sayuran, peneliti juga mempelajari hubungan antara minyak ikan, daging olahan, buah, daging merah dengan Covid-19.

Penelitian itu dilakukan dengan menganalisis catatan setidaknya 40.000 orang dewasa di Biobank Inggris. Penyelesaian analisis menunjukkan bahwa makan sayuran juga menurunkan risiko tertular virus mematikan.

Namun penelitian ini masih menunggu konfirmasi dari dinas terkait. Penggunaan pola makan yang sehat merupakan tameng tambahan terhadap virus Covid-19 selain mengikuti protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan memakai masker.

Artikel Asli