Cegah Pungli Penguburan

koran-jakarta.com | Nasional | Published at 13/07/2021 06:50
Cegah Pungli Penguburan

BANDUNG - Masyarakat mendesak agar praktik pungli proses pemakaman jenazah Covi-19 ditindak. Untuk itu Polrestabes Bandung, Jawa Barat, mengambil langkah dengan menyiagakan personel di Taman Pemakaman Umum (TPU) Cikadut guna mencegah aksi pungutan liar (pungli) dalam pemakaman jenazah dengan protokol Covid-19.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan nantinya yang bersiaga di TPU Cikadut petugas Polri maupun TNI. Sebab, menurutnya, kini jumlah jenazah yang perlu dimakamkan semakin meningkat.

" Dinas Tata Ruang juga menempatkan petugas di pemakaman Cikadut mengawasi jangan sampai terjadi pungli," kata Ulung di Polrestabes Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin. Saat ini ramai diperbincangkan terkait adanya dugaan pungli sebesar 2,8 juta rupiah untuk pemakaman Covid-19 di TPU CIkadut. Pungutan itu disebut diduga dilakukan oknum petugas pemikul di TPU Cikadut.

Namun Ulung memastikan belum ditemukan unsur pungli dalam kasus itu setelah penyelidikan kepolisian. Ulung menyampaikan sudah ada kesepakatan kedua belah pihak untuk pembayaran.

Selain itu, Ulung juga memastikan bahwa ahli waris yang akan memakamkan anggota keluarganya minta jasa pemikul masyarakat setempat, yang bukan petugas resmi TPU Cikadut.

Artikel Asli