Messi Dedikasikan Copa untuk Keluarga, Negara, dan Maradona

republika | Nasional | Published at 13/07/2021 06:38
Messi Dedikasikan Copa untuk Keluarga, Negara, dan Maradona

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lionel Messi mendedikasikan keberhasilan Argentina merebut Copa America 2021 untuk keluarganya, negaranya, dan juga idolanya, mendiang Diego Maradona. Argentina meraih trofi juara setelah menekuk Brasil di laga final, Sabtu (10/7).

"Saya ingin mendedikasikan kesuksesan ini untuk keluarga saya, yang selalu memberi saya kekuatan untuk terus lanjut, kepada teman-teman saya yang sangat saya cintai, kepada semua orang yang mendukung kami dan terutama kepada 45 juta warga Argentina yang menderita karena virus mengerikan ini," tulis megabintang Barcelona Lionel Messi di Instagram seperti dikutip AFP , Selasa (13/7).

Argentina mendekati angka kematian akibat Covid-19 sebanyak 100 ribu orang dan beberapa pekan sebelum dimulainya turnamen Copa, Buenos Aires menolak menjadi tuan rumah bersama dengan Kolombia karena kasus pandemi tengah melonjak.

Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) akhirnya mengalihkan hak tuan rumah kepada Brasil pada saat-saat terakhir. Padahal, lebih dari setengah juta warga negara itu meninggal dunia karena virus tersebut sehingga menjadi yang tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

Messi, 34 tahun, juga memberikan penghormatan kepada mendiang Maradona, yang meninggal dunia dalam usia 60 tahun pada November 2020 lalu, dengan mengatakan, "Diego pasti menyemangati kami di mana pun dia berada."

Keberhasilan Argentina atas Brasil di Rio itu bukan hanya trofi besar pertama Messi untuk Albiceleste tetapi piala kontinental pertama negaranya dalam 28 tahun. Messi sudah mati-matian memimpin tim menuju kejayaan setelah serangkaian kekecewaan baik dalam Piala Dunia maupun Copa.

Mengingat sedang berjuang melawan penyebaran virus, Argentina tidak menyelenggarakan perayaan untuk sukses juara Copa ini. Setelah tiba kembali di negara itu pada Ahad (11/7), skuad diterima sebentar di markas federasi sepak bola negara itu untuk kemudian dibubarkan selama jeda pramusim.

Meskipun sambutannya sederhana, ribuan penggemar turun ke jalan sekalipun ada pembatasan virus yang ketat. "Agar terus berpesta, kami harus terus saling menjaga diri, jangan lupa kami masih harus melalaui jalan yang panjang untuk kembali ke normal," kata Messi memperingatkan. "Gunakan kebahagiaan ini untuk mengumpulkan kekuatan dalam melawan virus ini bersama-sama."


Artikel Asli