Pandemi, Dokter Fresh Graduate Bisa Bantu Penuhi Pelayanan Kesehatan

sindonews | Nasional | Published at 13/07/2021 05:26
Pandemi, Dokter Fresh Graduate Bisa Bantu Penuhi Pelayanan Kesehatan

JAKARTA - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyebut dokter lulusan baru atau fresh graduate bisa membantu memenuhi pelayanan kesehatan. Terlebih, saat ini kondisi Tanah Air tengah dihadapkan pandemi Covid-19.

"Langkah yang diambil RSUD dr Soetomo Surabaya sangat tepat. Sebab, tambahan tenaga kesehatan dari dokter yang baru lulus pendidikan, atau fresh graduate, bisa membantu melayani pasien Covid-19 di masa darurat. Semoga langkah ini dapat menjadi solusi dalam masalah pelayanan kesehatan, termasuk untuk pasien non Covid-19," kata LaNyalla, Senin (12/7/2021).

Untuk mendukung hal tersebut, LaNyalla meminta pemerintah dan Kementerian Kesehatan untuk memberikan kemudahan.

"Terutama mempermudah kelengkapan administrasi nakes, seperti kemudahan dalam memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan lainnya," ujarnya

LaNyalla tak lupa menyampaikan pesan kepada para dokter-dokter baru tersebut untuk mengedepankan kesehatan agar tidak mudah terpapar virus dari pasien. Tetap utamakan kesehatan dan keselamatan.

"Oleh karena itu, perekrutan dokter-dokter muda ini kita harapkan bisa memperkuat kembali serta mendukung kinerja tenaga kesehatan," tutur dia melanjutkan.

LaNyalla juga meminta jaminan keamanan dan keselamatan para nakes dengan APD yang lengkap. Selain itu, ia mengimbau nakes menghindari kelelahan yang berlebih.

"Hal ini perlu dilakukan. Manajemen waktu tugas yang perlu diperbaharui oleh rumah sakit. Mungkin MUI juga dapat membantu mengeluarkan fatwa mengenai fiqih ibadah seperti tata cara berwudhu dan solat bagi nakes muslim yang sedang menjalankan tugas menangani pasien. Harapannya, mereka tidak terpapar Corona karena harus membuka masker di lingkungan RS," pungkasnya.

Artikel Asli