Film Jepang Drive My Car Bersaing di Festival Film Cannes

republika | Nasional | Published at 13/07/2021 01:25
Film Jepang Drive My Car Bersaing di Festival Film Cannes

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Jepang, Ryusuke Hamaguchi, merilis film Drive My Car di Festival Film Cannes pada Ahad (11/7) waktu Prancis. Film yang diadaptasi dari cerita pendek berjudul sama karya Haruki Murakami itu terpilih untuk bersaing memperebutkan Palme d'Or di festival film tahunan tersebut.

"Drive My Car" berpusat pada karakter pria bernama Yusuke (Hidetoshi Nishijima) yang berprofesi sebagai aktor dan sutradara teater. Meski karirnya terbilang sukses, namun ia mengalami kehidupan yang berat setelah rumah tangganya bersama Fukaku (Reika Kirishima) berantakan. Fukaku kedapatan selingkuh, dan tak lama setelah itu dia meninggal.

Dua tahun berlalu, Yusuke masih belum bisa move on dari pengalaman pahitnya itu. Demi mengerjakan sebuah proyek film, Yusuke kemudian pergi ke Hiroshima bersama sopir pribadi bernama Misaki (Miura Toko). Sepanjang perjalanan, Yusuke dan Misaki mulai berbicara tentang perjalanan hidup mereka.

"Hal yang paling menarik dari film ini adalah bagaimana obrolan selama perjalanan mobil bisa membangun keintiman antar karakter," kata Hamaguchi seperti dilansir dari Reuters , Senin (12/7).

Hamaguchi menambahkan bahwa dirinya menikmati momen ketika bekerjasama dengan aktor multibahasa, termasuk dengan Park Yoo-rim. Aktris asal Korea ini berperan sebagai aktris bisu yang menyampaikan dialognya dalam bahasa isyarat.

"Saya menemukan fakta bahwa setiap aktor saling mengenal dengan cara yang menarik, karena mereka harus membangun interaksi dan reaksi dengan cara yang berbeda," kata Hamaguchi.

Film Jepang seperti "Drive My Car" sukses mendapat pujian dari para kritikus, khususnya untuk aktor utama. Festival Film Cannes 2021 berlangsung selama dua pekan, sejak tanggal 5 hingga 17 Juli mendatang. Tahun ini festival digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Artikel Asli