Loading...
Loading…
BMKG Catat 5 Kali Gempa Susulan di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara

BMKG Catat 5 Kali Gempa Susulan di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara

Nasional | limapagi.id | Sabtu, 10 Juli 2021 - 09:45

LIMAPAGI - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat lima kali gempa susulan usai goncangan magnitudo 6,2, di Kota Melonguane, Kab. Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Sabtu, 10 Juli 2021.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Sulut, Edward H Mengko, mengatakan gempa susulan pertama berkekuatan magnitudo 5,8. Kemudian masing-masing berlanjut dengan magnitudo 5,1; 3,5; dan dua kali 3,9.

"Nanti kami update lagi parameter gempanya. Gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata Mengko, Sabtu, 10 Juli 2021.

Sebelumnya, Kep. Talaud diguncang gempa berkekuatan 6,2. Titik episenter berada di laut pada jarak 112 km arah baratdaya Kota Melonguane, Kab Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara pada kedalaman 23 km.

Berdasarkan analisis BMKG dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa Laut Maluku yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya deformasi atau penyesaran pada Lempeng Laut Maluku.

Guncangan gempa Maluku pagi ini dirasakan di Sangihe III-IV MMI dan Tomohon, Bitung, Boltim II MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono.

Baca Juga :
Rumah hingga Gereja Rusak Akibat Gempa di Talaud

Original Source

Topik Menarik