TNI Manunggal Membangun Desa ke-111 Di Kabupaten Limapuluh Kota, Proyeksikan Potensi Bukit Barisan dan Mungka

Nasional | minangkabaunews.com | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 13:52
TNI Manunggal Membangun Desa ke-111 Di Kabupaten Limapuluh Kota, Proyeksikan Potensi Bukit Barisan dan Mungka

LIMAPULUH KOTA,MINANGKABAUNEWS,- Jelang berakhirnya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 pada tanggal 15 Juli mendatang. Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada lakukan kunjungan ke lokasi TMMD/N ke 111 tahun 2021 Kodim 0306/50 Kota di Nagari Talang Maur, Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (sumbar), Selasa (6/7/2021). Kedatangan Arief didampingi isteri Ny. Anggia Mutia Arif disambut Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry Lahe, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak bandaro Rajo, Ketua TP-PKK, Ny. Nevi Safaruddin dan Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra beserta Pemerintah Nagari Talang Maur.

Harapan kita bersama, dengan dibukanya akses jalan dan infrastruktur lain pada kegiatan TMMD/N ke-111 ini dapat dimanfaat dengan baik untuk mengangkat kesejahteraan dan perekonomian masyarakat setempat. sebut Brigjen TNI Arief Gajah Mada.

Pada kesempatan yang sama. Senada dengan Danrem, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo mengatakan kontribusi positif dari kegiatan TMMD memberikan perubahan ekonomi dan sosial kepada masyarakat. Nagari Maek dan Talang Maur merupakan dua wilayah penghasil komoditi Gambir kualitas ekspor setelah Kecamatan kapur IX. Bertani Gambir di Nagari Talang Maur menjadi aktivitas rutin masyarakat selain beternak ayam petelur. Dengan dibukanya akses jalan penghubung dua wilayah itu, mobilisasi kegiatan ekonomi masyarakat termudahkan dan memiliki efisiensi.

Tentu harapannya kepada kesejahteraan masyarakat Limapuluh Kota secara umum dan terkhusus kepada Kecamatan Mungka. Dua kawasan ini memiliki potensi komoditi Gambir kualitas ekspor. Kedepan ini akan menjadi kerja pemerintah daerah agar akses jalan ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat. kata Bupati Safaruddin.

Dijelaskan Bupati, Potensi-potensi yang ada di Limapuluh Kota tidak saja pada sektor pertanian dan perkebunan. Sektor pariwisata juga akan terdampak positif dengan dibukanya akses jalan penghubung dua wilayah tersebut. Nagari Maek memiliki Situs Cagar Budaya Menhir yang pernah di kunjungi oleh Presiden Global Geoparks Network UNESCO Guy Martini beberapa waktu lalu. Sementara Kecamatan Mungka memiliki Air terjun Lubuak Bulan dan beberapa air terjun yang eksotik lainnya.

Maksud kita ini, sektor lain yang potensinya dapat digarap yakni pariwisata. Geliat ekonomi dampak dari TMMD yang dilakukan oleh TNI. Potensi-potensi itu dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan baik oleh kelompok masyarakat dalam wadah asosiasi atau lembaga yang ada di pemerintahan Kecamatan dan Nagari. pungkas Bupati.

Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra menyebutkan, identifikasi potensi perlu dilakukan. Mulai dari mengidentifikasi potensi ekonomi,pariwisata dan kondisi umum di wilayah tersebut. Tujuannya adalah setiap potensi itu memiliki dokumen hasil kajian ilmiah para ahli sehingga kerangka kerja pengelolaan dan pengembangan potensi itu memiliki arah yang jelas dan berkontribusi positif kepada masyarakat.

Kegiatan TMMD ini sudah berkontribusi baik, tinggal memperkuat kolaborasi stakeholder atau individu, kelompok, maupun komunitas tertentu untuk memperkuat infrastruktur yang sudah ada. Hal itu agar setiap potensi dan infrastrukturnya menjadi kepentingan dan perhatian bersama, Tutup Ketua DPRD Deni Asra yang juga Ketua Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) Sumatera Barat itu.

Dalam rangkaian kunjungan itu Brigjen TNI Arief Gajah Mada memberikan tali asih dan materi berupa Alquran kepada masyarakat dan siswa Sekolah Dasar di Nagari Talang Maur. Diketahui, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD/N) ke 111 Wilayah Kodim 0306/50 Kota resmi di buka secara resmi pada Selasa, (15/6/2021) lalu di Aula Kantor Bupati Limapuluh Kota. Dalam program operasi bakti TNI itu telah membuka akses jalan sepanjang Sembilan Kilometer yang menghubungkan Nagari Talang Maur, Kecamatan Mungka dengan Nagari Maek, Kecamatan Bukit Barisan. Selain pembukaan badan jalan, berbagai sasaran fisik pada TMMD/N ke 111 Kodim 0306/50 Kota juga melakukan bedah rumah, pelayanan kesehatan dan pengaktivan Pos Kamling. (rn/tk/ft)

Artikel Asli