Ajak Anak Jalan Keluar, Amankah?

Nasional | republika | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 13:30
Ajak Anak Jalan Keluar, Amankah?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA Konsultan kesehatan dari Neo Hospital di Noida di India, dr Ankit Jain mengatakan, anak-anak sangat disarankan untuk tetap di rumah selama masa pandemi Covid-19. Namun, jika untuk keperluan kesehatan, orang tua bisa membawa anak keluar rumah, selama protokol kesehatan dijaga dengan ketat.

"Tidak dianjurkan bagi anak untuk keluar rumah mengingat pandemi dan kasus Covid-19 yang semakin hari semakin meningkat. Namun, jika benar-benar harus keluar karena masalah kesehatan, Anda harus mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan," kata dia, dikutip dari India Today , Selasa (6/7).

Dr Ankit menyebut, meski bisa mengajak anak keluar rumah dengan menerapkan protokol kesehatan, para orang tua harus menghindarkan buah hatinya dari tempat-tempat umum yang ramai. Lalu, bagaimana jika ingin sekadar berolahraga di luar rumah?

Menurut Dr Ankit, anak boleh saja berolahraga dan jalan-jalan di tempat umum. Namun, orang tua perlu mengatur waktunya dengan cermat, misalnya dengan memanfaatkan waktu di pagi hari atau saat lokasi tersebut sepi.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Ketua umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr dr Aman Bhakti Pulungan. Dia mengatakan, aktivitas yang melibatkan anak rentang usia 0-18 tahun harus diselenggarakan secara daring.

Artikel Asli