Mobilitas Warga Daerah Sudah Mulai Berkurang Masuk ke Jakarta

Nasional | jawapos | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 13:26
Mobilitas Warga Daerah Sudah Mulai Berkurang Masuk ke Jakarta

JawaPos.com Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran melakukan pengecekan pada sejumlah tempat penyekatan terkait penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat dan Kalimalang, Jakarta Timur. Dia menyampaikan, penyekatan ini dilakukan untuk mengurangi mobilitas masyarakat daerah menuju ibu kota Jakarta.

Dalam empat hari perjalanan PPKM Darurat kita makin menemukan format pembatasan mobilitas dengan cara penyekatan, sehingga tujuan untuk kurangi mobilitas perlahan bisa tercapai. Teman-temab bisa lihat di google mobile indeks harian untuk wilayah Jakarta dari hari pertama PPKM Darurat itu terjadi penurunan mobilitas masyarakat, kata Fadil di Jakarta, Rabu (7/7).

Jenderal polisi bintang dua ini menyampaikan, pihaknya terus melakukan evaluasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan juga Pangdam Jayakarta Mayjen TNI Mulyo Aji terkait penerapan PPKM Darurat. Hal ini semata untuk menekan laju penularan Covid-19.

Fadil menuturkan, pihaknya melakukan rekayasa lalu lintas dan menempatkan rambu-rabu agar masyarakat yang menuju ibu kota dapat menyiapkan dokumen terlebih dahulu. Sehingga, aparat bisa menghalau pengendara yang memang tidak mempunyai kepentingan untuk masuk wilayah ibu kota.

Jadi pembagian jalur kemudian rekayasa yang lain seperti rambu, penambahan titik penyekatan di hulu itu kemudian berhasil mengurangi volume kendaraan di titik penyekatan. Itu cara bertindak yang telah kita sempurnakan, ungkap Fadil.

Dia juga memastikan, pihaknya memberikan jalur khusus kepada tenaga kesehatan. Hal ini tidak lain, agar mereka bisa bergerak cepat melakukan upaya penanganan medis.

Untuk jalur nakes dokter dan perawat kita berikan jalur khusus jalur prioritas. Sehingga, saudara-saudara kita tenaga kesehatan dokter dan perawat bisa cepat sampai ke rumah sakit. Kita sudah buatkan jalur khusus, tegas Fadil.

Artikel Asli