8 Jenis nutrisi pada makanan ini bikin imun tubuh makin kuat

Nasional | brilio.net | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 13:02
8 Jenis nutrisi pada makanan ini bikin imun tubuh makin kuat

Brilio.net - Cuaca yang sedang tidak menentu, membuat tubuh renta terkena penyakit. Supaya nggak mudah sakit, perkuat imun tubuh dengan banyak makan makanan bergizi dan imbangi dengan olahraga. Penuhi asupan nutrisi dengan tepat dan sesuai kebutuhan.

Misalnya vitamin C yang terkandung di buah jeruk bisa membantu melawan infeksi pada tubuh. Begitu pula dengan vitamin E yang dikenal sebagai antioksidan. Selain itu, masih ada segudang makanan mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Apa saja sih jenis nutrisi yang dibutuhkan dan bisa kamu dapatkan dari makanan? Simak penjelasannya seperti Brilio Food rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (7/7).

1. Vitamin C.

foto: freepik.com

Dilansir dari health.clevelandclinic.org, vitamin C dapat membantu mencegah infeksi dan mempersingkat masa tinggal virus. Makanan yang mengandung vitamin C misalnya bayam, kubis, paprika, stroberi, dan pepaya.

2. Vitamin E.

foto: freepik.com

Seperti vitamin C, vitamin E bisa menjadi antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. Vitamin ini berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan yang mengandung vitamin E seperti kacang almond, kacang tanah, biji bunga matahari, dan kacang hazel.

3. Vitamin A.

foto: freepik.com

Vitamin A bisa jadi penangkal infeksi, hadir dalam dua bentuk yakni dari hewan dan karotenoid tumbuhan. Makanan yang mengandung vitamin A dan dapat kamu konsumsi adalah wortel, ubi jalar, labu, labu mentega, blewah, ikan, sayuran berdaun hijau tua, dan lain sebagainya.

4. Vitamin D.

foto: freepik.com

Dikenal sebagai nutrisi sinar matahari, vitamin D ini bisa mendukung sistem kekebalan tubuh. Sumber makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan salmon, ikan kembung, tuna, dan sarden.

5. Asam folat.

foto: freepik.com

Asam folat bisa kamu temukan pada makanan kacang, lentil, sayuran yang berdaun hijau, serta buah seperti alpukat.

6. Zat besi.

foto: freepik.com

Zat besi adalah berfungsi membantu tubuh membawa oksigen ke sel dan berperan pada sistem kekebalan. Makanan yang mengandung zat besi seperti ayam, sarden kalengan, tiram, kerang, dan tuna ringan kalengan.

7. Selenium.

foto: freepik.com

Selenium memiliki efek kuat pada sistem kekebalan dan penting untuk mencegah infeksi. Sumber selenium terbaik bisa kamu temukan pada makanan seperti daging dan hati, unggas, dan keju.

8. Seng.

foto: freepik.com

Dilansir dari health.clevelandclinic.org, seng membantu produksi sel sistem kekebalan. Nutrisi ini banyak berasal dari hewani dan sayuran, misalnya tiram, kepiting, daging dan unggas tanpa lemak, kacang panggang, yogurt, dan buncis.

Artikel Asli