Covid-19 Delta Menular Lewat Aerosol di Ruangan, Pakai Masker Dobel

Nasional | jawapos | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 13:06
Covid-19 Delta Menular Lewat Aerosol di Ruangan, Pakai Masker Dobel

JawaPos.com Saat berada di dalam ruangan dengan ventilasi buruk dan Anda tak bisa jaga jarak dengan orang lain, penting untuk memakai masker ganda dua lapis. Sebab Covid-19 varian Delta diyakini cepat menular lewat aerosol, udara di dalam ruangan.

Para ahli dan juga pemerintah Singapura merekomendasikan anggota masyarakat untuk memakai masker yang memiliki kemampuan penyaringan lebih baik saat adanya varian baru saat ini. Rekomendasi tersebut diumumkan pada hari Selasa (6/7), oleh Ketua gugus tugas multi-kementerian Covid-19 Singapura Lawrence Wong.

Secara khusus, jika Anda pergi ke ruang tertutup dengan orang-orang yang berdekatan, pastikan Anda mengenakan masker dengan kemampuan penyaringan tinggi. Bukan hanya satu lapis mengenakan masker kain, tetapi juga memakai masker lainnya dengan kemampuan filtrasi tinggi yaitu masker bedah atau salah satunya dengan sisipan filter, tegasnya seperti dilansir dari Asia Tatler, Rabu (7/7).

Itu penting karena bukti terbaru tentang sifat berbagai strain, fakta bahwa penyebaran dapat terjadi melalui partikel aerosol, tambahnya.

Masker setidaknya harus memiliki setidaknya 95 persen efisiensi penyaringan bakteri. Kemampuan filtrasi masker mengacu pada seberapa baik ia mampu menyaring tetesan pernapasan. Tetesan ini bisa mengandung bakteri atau virus Covid-19.

Masker kain boleh saja dipakai asal memiliki dua lapisan. Dan hindari memakai masker apa pun dengan katup pernapasan atau masker apa pun yang hanya dilengkapi dengan satu lapis.

Sebab kedua opsi masker ini tidak memiliki kemampuan filtrasi yang sama seperti masker berlapis ganda atau masker bedah. Melapisi masker kaij di luar masker bedah bisa meningkatkan penampilan agar terlihat lebih trendi dan menarik.

Artikel Asli