Puan Minta Pemerintah Antisipasi Hoaks Selama Masa PPKM Darurat

Nasional | limapagi.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 13:00
Puan Minta Pemerintah Antisipasi Hoaks Selama Masa PPKM Darurat

LIMAPAGI - Ketua DPR RI Puan Maharani menyoroti banyaknya pemberitaan bohong atau hoaks yang terjadi selama masa pandemi Covid-19, khususnya dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Puan menerangkan bahwa dalam pelaksanaan PPKM Darurat pemerintah perlu melakukan penegakan aturan yang tegas, terukur, tanpa pandang bulu, serta perkuat komunikasi publik dan sosialisasi.

Menurut Puan, hal itu penting dilakukan agar masyarakat paham akan bahaya Covid-19, serta penanganan apabila terpapar virus tersebut.

Masalah beredarnya hoaks juga membuat masyarakat panik dan ini harus ada juga pencegahannya, kata Puan dalam keterangannya, Rabu, 7 Juli 2021.

Senada dengan Puan,Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi juga mengingatkan dampak negatif yang ditimbulkan akibat hoaks.

Oleh sebab itu pemerintah akan mengambil tindakan tegas terhadap penyebar hoaks, sama seperti pelanggar PPKM lainnya.

"Jika masyarakat mendapat informasi yang tidak valid segera dihapus dan tidak menyebarluaskannya. Untuk mengakses informasi terkait covid-19 bisa melalui situs resmi pemerintah," ujar Jodi dilansir dari situs ANTARA, Rabu, 7 Juli 2021.

Jodi mengimbau masyarakat untuk menyaring informasi di media sosial sebelum menyebarkannya kembali ke orang lain. Hal itu penting dilakukan guna mengantisipasi maraknya informasi yang tidak akurat.

"Ingat berita salah dapat menyesatkan pasien dan keluarga yang sedang menderita saat ini. Bahkan dapat mencelakakan orang yang masih sehat," ujarnya.

Artikel Asli