Unissula Kembali Buka Jalur Beasiswa KIP K

Nasional | republika | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 12:55
Unissula Kembali Buka Jalur Beasiswa KIP K

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kabar baik bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan berprestasi secara akademik datang dari Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jawa Tengah. Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di Kota semarang ini membuka kesempatan bagi calon mahasiswa berprestasi dari keluarga krang mampu di wilayah Pulau Jawa melalui jalur Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP K).

Beasiswa KIP K merupakan program bantuan pendidikan dari pemerintah kepada siswa lulusan SMA-SMK (sederajat) dari keluarga kurang mampu yang mempunyai prestasi, agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Menurut Kepala Bidang Kemahasiswaan Unissula, Yuli Prayitno, program beasiswa ini bertujuan untuk melayani umat dan memberikan bantuan pendidikan kepada masyarakat kurang mampu.

Sehingga para siswa SMA/SMK sederajat yang memiliki prestasi akademik namun tidak mampu, kesempatannya bakal terbuka kembali untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguaruan tinggi. Sehingga program ini diharapkan dapat ikut serta memutus rantai kemiskinan sekaligus juga mengangkat derajat kehidupan kaum dhuafa, ujarnya.

Menurutnya, beasiswa KIP K tersebut sebelumnya sudah digulirkan di kampus Unissula sejak 2012 silam dengan nama Bidikmisi. Yakni meliputi Program Studi Teknik Sipil, Teknik Planologi, Ilmu Hukum, Tarbiyah, Syariah, Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika, Teknik Elektro, dan Teknik Industri.

Selain itu juga Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Psikologi, dan Ilmu Keperawatan. Dengan program beasiswa yang ditujukan untuk calon mahasiswa dari Pulau Jawa ini diharapkan menjadi salah satu upaya Unissula dalam membantu mencerdaskan kehidupan bangsa dalam bingkai khaira ummah.

Unissula memang memiliki komitmen yang besar untuk ikut berperan serta mencerdaskan kehidupan bangsa, dalam bingkai khaira ummah , lanjutnya. Selaku PiC beasiswa KIP K di Unissula, Yuli juga menambahkan, selama digulirkan, antusiasme masyarakat (calon mahasiswa) untuk berkesempatan mendapatkan fasilitas besasiswa ini juga cukup tinggi.

Hal ini dibuktikan dengan jumlah peminat dan pendaftar beasiswa KIP K yang selalu melebihi kuota. Jumlah peminat dan pendaftar beasiswa ini bahkan bisa mencapai 300 persen lebih dari jumlah kuota yang ditetapkan.

Sehingga bagi lulusan SMA/SMA/sederajat yang berprestasi dan kurang mampu di Pulau Jawa yang berminat dapat segera mendaftar di Unissula, dengan menggunakan beasiswa KIP K ini. Adapun berbagai tahapan serta persyaratan pendaftaran bisa diakses dan dipelajari lebih jauh oleh masyarakat (calon mahasiswa) melalui laman www.pmb.unissula.ac.id dan klik KIP Kuliah, tambah Yuli.

Artikel Asli