Airlangga Sebut PPKM di Luar Jawa Bali Bisa Ditingkatkan dari Ketat Menjadi Darurat

Nasional | inewsid | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 12:38
Airlangga Sebut PPKM di Luar Jawa Bali Bisa Ditingkatkan dari Ketat Menjadi Darurat

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah memperketat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di luar Jawa dan Bali. Pemerintah terus memantau perkembangan penanganan kasus Covid-19 di 43 daerah luar Jawa Bali.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCPEN) sekaligus Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan status dari PPKM Mikro menjadi PPKM Darurat akan dilakukan jika penanganan kasus semakin tidak terkendali.

"Tentu di luar Jawa kita mempersiapkan 43 kabupaten, kota di 20 provinsi kita memonitor secara harian. Kita akan lihat dan memang arahan Bapak Presiden seandainya daerah itu fasilitas pendukungnya semakin terbatas atau berkurang, tentu sesuai mekanisme dan kriteria yang ada akan kita tingkatkan dari ketat menjadi darurat," ujar Airlangga.

Menurutnya, koordinasi dengan kepala daerah terus dilakukan. Dia meminta kepada para kepala daerah untuk memonitor ketat penanganan kasus Covid-19 di wilayah masing-masing.

"Kemarin kami mengundang 10 gubernur dan siang ini kami akan mengundang 17 gubernur, bupati dan wali kota di 43 provinsi untuk dimonitor ketat, dengan ini kita bisa mempersiapkan langkah berikutnya," ucapnya.

Artikel Asli