Pemprov Harap TNI/Polri Koordinir Tempat Isolasi di JIExpo

Nasional | republika | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 12:32
Pemprov Harap TNI/Polri Koordinir Tempat Isolasi di JIExpo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengharapkan unsur dari TNI dan Polri untuk mengkoordinir tempat isolasi pasien Covid-19 terpusat di Gedung Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat.

Hal tersebut, kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti, mengingat proyeksi daya tampung tempat isolasi tersebut yang diprediksi bisa menampung hingga 20 ribu pasien.

"Kami berharap bahwa di JIExpo dikoordinir aparat, kita belajar dari Wisma Atlet Kemayoran, bagaimana dalam kapasitas besar itu memang dibutuhkan kendali yang mungkin tidak hanya oleh sipil tapi justru dari unsur TNI/Polri yang kami harap bisa mengendalikan," kata Widyastuti dalam acara daring Dialog Produktif Semangat Selasa bertajuk "Taat PPKM Darurat, Harga Mati".

Menurut Widyastuti, keberadaan aparat keamanan dinilai mampu menggerakkan masyarakat untuk lebih patuh terhadap standar operasional prosedur (SOP) pelaksanaan isolasi Covid-19 secara terpusat.

Tak hanya itu, Widyastuti menuturkan Pemprov DKI Jakarta saat ini juga telah menggandeng TNI/Polri untuk membantu melakukan aktivitas "surveilans" penelusuran kontak (tracing) guna menjaring lebih banyak kasus Covid-19 demi memetakan pasien untuk isolasi secepatnya, dan dapat menekan laju penularan baru.

"Karena ini menyangkut jumlah yang banyak dan tentu bagaimana mengendalikan masyarakat supaya patuh terhadap SOP," ujar dia.

Lebih lanjut, Widyastuti mengatakan pihaknya sudah meninjau JIExpo Kemayoran untuk tempat isolasi darurat Covid-19. Nantinya tempat ini akan digunakan sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid-19 tanpa gejala atau gejala ringan yang rumahnya tak memadai untuk isolasi mandiri.

JIExpo Kemayoran juga terasa lebih nyaman digunakan sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid-19 lantaran merupakan ruang tertutup yang dilengkapi dengan alat pendingin ruangan.

"Sudah kita lihat bersama, kita lakukan pendekatan kepada para pemangku kepentingan termasuk pusat dan daerah. Karena kapasitas JIExpo Jakarta bisa sampai 20 ribu, dan ini bukan jumlah kecil," tuturnya.

Terkini, pemerintah pusat tengah menyiapkan setidaknya 1.000 tempat tidur perawatan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menyiapkan sejumlah lokasi isolasi pasien Covid-19.

Beberapa di antaranya Rumah Susun Nagrak dijadikan tempat isolasi dengan 2.273 tempat tidur; Rumah Susun Pasar Rumput juga disulap menjadi lokasi isolasi dengan 3.986 tempat tidur.

Artikel Asli