Kasus Covid-19 Melandai, Kudus Tak Lagi Zona Merah

Nasional | limapagi.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 12:15
Kasus Covid-19 Melandai, Kudus Tak Lagi Zona Merah

LIMAPAGI - Kabar gembira buat Kabupaten Kudus. Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo umumkan Kudus tak lagi zona merah seiring melandainya kasus Covid-19.

Gubernur Ganjar Pranowo menyatakan Kudus kini sudah keluar dari zona merah Covid-19 dan masuk kategori wilayah zona oranye.

"Kudus melandai, bahkan sekarang sudah oranye kalau dari data epidemologis. Kudus sudah tidak masuk zona merah," kata Ganjar, Rabu, 7 Juli 2021.

Ganjar berharap dengan berhasilnya penanganan kasus Covid-19 di Kudus, daerah-daerah sekitar Kudus yang masih merah bisa segera melandai.

"Kami harapkan tren Kudus bisa mempengaruhi area sekitarnya yang masih tinggi. Ya Jepara, Pati, Rembang dan sekitarnya," tutur dia.

Pemprov Jateng, lanjut Ganjar, terus memantau penanganan kasus Covid-19 di daerah zona merah sekitar Kudus. Beberapa melandai, namun untuk Jepara sedang meningkat.

"Jepara lagi meningkat sekarang, jadi kami terus perhatikan," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga meminta daerah lain di Jateng untuk terus meningkatkan kapasitas tempat tidur di masing-masing rumah sakit. Sehingga jika terjadi lonjakan, tidak akan ada kepanikan.

"Semua saya minta tidak boleh berdiam diri. Pengalaman di Banjarnegara, kemarin itu kasusnya biasa saja. Sekarang terjadi peningkatan cukup tinggi. Maka kemarin saat rapat, saya minta Kadinkes Banjarnegara untuk menyiapkan semuanya," imbuh dia.

Diketahui, peningkatan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus sempat menggegerkan kalangan nasional. Peningkatan yang terjadi secara mendadak usai Lebaran itu membuat rumah sakit di Kudus tak mampu menampung pasien.

Tak hanya Pemkab Kudus, Pemprov Jateng, Pemerintah Pusat, TNI, Polri hingga BNPB turun tangan untuk menangani lonjakan kasus di Kudus. Belakangan diketahui varian delta ditemukan menyebar di kalangan pasien positif Covid-19.

Artikel Asli