Banyak Anak-anak yang Terpapar Covid-19, Ini yang Dilakukan Jenderal Luhut

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 11:27
Banyak Anak-anak yang Terpapar Covid-19, Ini yang Dilakukan Jenderal Luhut

JAKARTA - Dalam sepekan terakhir ini, kasus positif Covid-19 melonjak tajam. Bahkan pecahkan rekor tembus angka 30 ribu kasus lebih pada tanggal 6 Juli 2021. Dan yang mengkhawatirkan, banyak anak-anak yang terpapar Covid-19.

Menyikapi situasi tersebut, Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Kemaritiman dan Investasi yang ditunjukkan Presiden Jokowi sebagai Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Wilayah Jawa-Bali lewat akun instagramnya @luhut.pandjaitan membeberkan langkah-langkah yang diambil pemerintah.

"Melihat angka kejadian Covid-19 pada anak yang cukup meningkat di Indonesia saat ini, saya merasa ada kekhawatiran tersendiri karena memiliki cucu yang beberapa diantara mereka masih berusia kanak-kanak," kata jenderal purnawirawan bintang empat baret merah ini di akun instagramnya.

Karena itu, lanjut jenderal Kopassus ini perlu adanya kerjasama yang solid antara Satgas Covid-19 dan penyedia layanan "telemedicine" untuk mengadakan program konsultasi online khusus Covid-19 pada anak. Selain aplikasi telemedicine yang saat ini beredar, warga bisa juga mengakses aplikasi Dokter PrimaKu @official.primaku di smartphone .

"Layanan konsultasi ini diharapkan sudah mulai berjalan sepanjang bulan Juli 2021 dengan biaya yang cukup terjangkau, dan diperuntukkan bagi orang tua yang memiliki pertanyaan seputar informasi Covid-19 pada anak," kata Luhut.

Lewat itu, kata dia, para orang tua bisa langsung berbicara melalui fitur konsultasi online bersama dokter spesialis anak resmi dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) via aplikasi. Sehingga anak-anak tidak perlu berobat datang ke rumah sakit guna menghindari paparan virus yang lebih tinggi lagi.

"Saya ingin bapak dan ibu yang memiliki anak dengan gejala Covid-19 bisa mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya dan valid, jangan sampai mendapatkan informasi sumir dari mereka yang bukan ahli. Mari kita selamatkan anak-anak kita dari wabah pandemi dengan bertanya dan berkonsultasi langsung terkait covid-19 pada ahlinya, yaitu para dokter spesialis anak yang telah tergabung dalam Ikatan Dokter Anak Indonesia @idai_ig," tuturnya.

Menurut Luhut, kerja sama dan upaya berbagai pihak ini pastinya akan membuahkan hasil jika para keluarga yang mana adalah bagian terkecil dari masyarakat Indonesia, mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan secara tertib dan ketat. "Mari kita selamatkan generasi penerus bangsa dengan perlindungan yang terbaik dari mereka yang terpercaya," ujarnya.

Artikel Asli