Truk Batu Bara Melenggang di Jalan Umum, Dewan Kalsel: Bisa Diganjar Pidana

Nasional | apahabar.com | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 11:06
Truk Batu Bara Melenggang di Jalan Umum, Dewan Kalsel: Bisa Diganjar Pidana

apahabar.com, BANJARMASIN Anggota DPRD Kalsel, H M Iqbal Yudiannoor menyaksikan sejumlah truk bermuatan batu bara melewati jalan pemerintah belum lama ini. Truk berplat kuning itu melintas di jalan umum di daerah Asam-asam, Jorong, Kabupaten Tanah Laut.

Truk-truk tersebut disaksikan Iqbal melintas di siang dan malam hari. Padahal menurutnya, hal itu melanggar Peraturan Daerah Kalsel nomor 3 tahun 2012, yang melarang angkutan batu bara melintas di jalan umum.

Peraturan daerah (Perda) yang melarang angkutan batu bara lewat jalan umum atau jalan raya di provinsi kita masih berlaku, kata Iqbal, Selasa (6/7) malam.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menuturkan, dirinya menyaksikan truk-truk bermuatan batu bara itu melintas di jalan umum saat pulang ke daerah pemilihannya di Kabupaten Tanah Bumbu.

Lalu lalang angkutan batu bara di jalan raya itu, sambung Iqbal, bukan cuma dapat mengganggu kelancaran lalu lintas angkutan umum, baik penumpang maupun barang, tapi juga bisa mempercepat kerusakan jalan.

Hal itulah antara lain yang melatarbelakangi pembentukan Perda larangan angkutan hasil tambang dan perkebunan besar pada Tahun 2003, sambung Iqbal.

Perda nomor 3 tahun 2012 menyebutkan, setiap angkutan hasil tambang dan hasil perusahaan perkebunan dilarang melewati jalan umum. Bagi yang melanggar, diancam dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah).

Artikel Asli