MUI Sebut Ada 3 Hal yang Perlu Diperkuat Selama Pandemi Covid-19

Nasional | jawapos | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 10:57
MUI Sebut Ada 3 Hal yang Perlu Diperkuat Selama Pandemi Covid-19

JawaPos.com Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan mengatakan bahwa saat pandemi Covid-19 ini, ada 3 hal yang perlu diperkuat masyarakat. Hal itu harus dimiliki agar Indonesia bisa keluar dari masa sulit ini.

Menurutnya, pandemi ini adalah ujian yang diberikan oleh Tuhan untuk umat manusia. Untuk itu, 3 upaya ini perlu dilakukan agar seluruh umat manusia, khususnya di Indonesia bisa lulus dari ujian ini.

Apakah kita lulus dari ujian ini, tergantung 3 hal, pertama ikhtiar, pemerintah sudah mengadakan banyak program, Lalu doa, saya yakin doa ini kita harus yakin Allah memberikan kepada kita semua doa kita dikabulkan, yakinlah. Kita harus yakin jangan ragu sedikitpun, kita harus berada di jalan yang benar. Selain ikhtiar dan doa, kita harus tawakal, terang dia dalam Peluncuran Program Covid-19 Medical Careline Services secara daring, Selasa (6/7).

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk menghindari sejumlah sifat di masa pandemi ini. Pertama adalah tidak boleh takabur atau merasa hebat, kemudian tidak boleh sombong dan tidak boleh ujub atau sifat yang membanggakan diri sendiri.

Kita harus hindari 3 hal, jangan sekali kita takabur, jangan sombong, jangan ujub. Allah menurunkan ujian ini agar kita lulus. Bangsa ini adalah bangsa yg besar, ada bonus demografi, mari jadikan ujian ini menjadi upaya mudah-mudahan Allah menyelamatkan bangsa kita, ujarnya.

Menurutnya, saat ini bukan hanya ibu pertiwi yang sedang bersedih, namun seluruh penduduk bumi pun merasakan hal yang sama. Banyak manusia yang meninggal, untuk itu perlu adanya gotong-royong dari seluruh elemen masyarakat.

Adapun, hal yang dilakukan oleh Aksi Cepat Tanggap (ACT) adalah salah satu bentuk gotong-royong yang diperlukan agar bisa menyudahi persoalan ini. Di mana ACT bersama MUI serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meluncurkan program Covid-19 Medical Careline Services, yakni program konsultasi kesehatan serta pengiriman obat gratis selama masa pandemi.

Kehadiran ACT yang hari ini meluncurkan program Medical Careline Services, MUI memberikan penghargaan setinggi-tingginya, tandas dia.

Artikel Asli