Puan Ajukan Alih Fungsi Kapal Laut TNI AL Jadi RS Darurat Covid-19

Nasional | limapagi.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 10:50
Puan Ajukan Alih Fungsi Kapal Laut TNI AL Jadi RS Darurat Covid-19

LIMAPAGI - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah mempertimbangkan opsi menggunakan sejumlah armada laut yang dimiliki TNI AL sebagai rumah sakit alternatif dalam masa penanganan darurat Covid-19.

Kapal KRI DR Suharso yang selama ini berfungsi sebagai Rumah Sakit TNI Angkatan Laut serta kapal-kapal Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni)dinilai sangat mempuni untuk diperbantukan merawat pasien Covid-19.

Bangun rumah-rumah sakit lapangan, bangunan-bangunan yang bisa dialihfungsikan. Tapi jangan bussiness as usual , kita harus bertindak dalam ritme kerja kedaruratan, jelas Puan Puan dalam keterangan tertulis, Rabu, 7 Juli 2021.

Puan menjelaskan, saran yang diberikan kepada pemerintah tersebut merupakan langkah konkret yang harus dicoba dalam masa pendemi.

Terobosan- terobosan seperti ini harus diluncurkan untuk memastikan masyarakat yang terpapar Covid-19 bisa mendapat perawatan yang memadai.

"Yang dibutuhkan saat ini adalah rumah sakit darurat/lapangan, penderita yang bergejala sedang dan berat sudah tidak tahu mau ke mana lagi karena rumah sakit penuh, kata dia.

Berdasarkan laporan monitoring dan pengawasan yang Puan peroleh, penanganan pandemi Covid-19 di hulu memiliki sejumlah catatan yang perlu segera diperbaiki dan diantisipasi,.

Catatan tersebut yakni, ketersediaan ruang perawatan pasien, ketersediaan oksigen dan obat-obatan, tenaga dan alat kesehatan.

Harus ada terobosan untuk solusinya, mobilisasi tabung oksigen dari seluruh Indonesia di luar Jawa dan Bali. Menambah kapasitas rawat dengat menggunakan kapal, hanggar, dan bangunan lainnya, ucap Puan.

Artikel Asli