Jelang Rilis Data Cadangan Devisa IHSG Diproyeksi Menguat

Nasional | apahabar.com | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 07:07
Jelang Rilis Data Cadangan Devisa IHSG Diproyeksi Menguat

apaahabar.com, JAKARTA Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi bergerak menguat hari ini. Salah satu sentimen yang akan menggerakkan indeks saham adalah rilis cadangan devisa (cadev) periode Juni 2021.

CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya memproyeksi cadangan devisa Indonesia masih berada dalam posisi terkendali. Dengan demikian, pasar akan mengapresiasi data ekonomi tersebut.

Pergerakan IHSG terlihat sedang berusaha menggeser rentang kosnsolidasinya ke arah yang lebih baik, kata William dalam risetnya, kutip CNN Indonesia, Rabu (7/7).

Ia memprediksi IHSG tembus 6.123 hari ini. Beberapa saham yang dapat dicermati, antara lain PT Unilever Indoensia Tbk (UNVR), PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), dan PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI).

Senada, Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper meramalkan IHSG kembali menguat hari ini. Potensi itu terlihat secara teknikal.

Dari sisi fundamental, pergerakan IHSG masih akan dibayangi perkembangan kasus penularan covid-19. Hal ini akan menjadi pertimbangan pelaku pasar dalam melakukan transaksi di pasar saham.

Lalu, pasar juga akan mencermati dampak dari PPKM darurat yang diterapkan pada 3 Juli-20 Juli 2021. Kebijakan ini dilakukan demi menekan angka penularan covid-19.

Dennies meramalkan IHSG bergerak dalam rentang support 5.997-6.022 dan resistance 6.063-6.079.

Beberapa saham yang bisa dicermati adalah PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP), dan PT Astra International Tbk (ASII).

Sebagai informasi, IHSG ditutup menguat 0,69 persen ke level 6.047. Tercatat, 261 saham menguat, 244 saham melemah, dan 144 saham bergerak stagnan.

Artikel Asli