Bansos Cair di Tengah PPKM Darurat, Cek Penyalurannya di Link Ini

Nasional | apahabar.com | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 10:22
Bansos Cair di Tengah PPKM Darurat, Cek Penyalurannya di Link Ini

apahabar.com, JAKARTA Penyaluran Bansos Tunai (BST) sebesar Rp300 ribu akan cair di tengah PPKM Darurat.

BST merupakan program bansos yang sempat terhenti pada April 2021 lalu. Bansos tunai tersebut rencananya akan diberikan untuk 10 juta penerima mulai pekan ini dengan pengiriman langsung melalui bank Himbara maupun kantor pos seperti sebelumnya.

Mengutip detik.com, keluarga penerima manfaat dapat mengecek status penyaluran bansos tunai di cekbansos.kemensos.go.id. Caranya cukup mudah, dengan mengikuti sejumlah langkah berikut ini:

1. Kunjungi laman https://cekbansos.kemensos.go.id.
2. Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan
3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP
4. Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode
5. Jika tidak jelas huruf kode klik gambar refresh untuk mendapatkan kode baru
6. Kemudian klik tombol pencari data.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan BST diberikan kepada 10 Juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdampak, termasuk keluarga-keluarga miskin baru.

Sekarang ini secara bertahap sudah tersalurkan. Artinya sudah dikirim ke rekening-rekening untuk yang lewat Bank Himbara, kata Muhadjir dalam keterangan tertulis, Selasa (6/7).

Penyegeraan penyaluran Bansos di itu dilakukan sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko WIdodo (Jokowi).

Presiden Jokowi, katanya, memerintahkan agar penyaluran bansos dipercepat guna mendukung perekonomian masyarakat di tengah masa PPKM Darurat.

Dalam keterangan yang sama, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini optimistis penyaluran bansos pada masa PPKM Darurat akan berjalan lebih baik dibanding pada masa PSBB ketat tahun lalu.

Pasalnya, ia menyebut Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) saat ini sudah terverifikasi lebih baik sejak masa penyaluran bansos 2020 silam.

Insyaallah data yang sekarang ini jauh lebih rapih lebih bisa dipertanggungjawabkan daripada data tahun lalu, terangnya.

Artikel Asli