6 Cara menyimpan daging kambing di kulkas agar tahan lama

Nasional | brilio.net | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 10:01
6 Cara menyimpan daging kambing di kulkas agar tahan lama

Brilio.net - Saat hari besar seperti Idul Adha, atau ketika memiliki acara penting di rumah, persediaan daging kambing biasanya jadi lebih banyak. Tak sedikit yang memilih menyimpannya untuk jangka waktu lama.

Selain bosan, mengonsumsi daging setiap hari juga tidak baik untuk kesehatan. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan daging kambing. Salah satunya dengan menyimpannya ke dalam kulkas.

Meski disimpan dalam lemari es, tapi kamu nggak bisa sembarangan lho. Ada beberapa cara perlu kamu perhatikan untuk menyimpan daging kambing agar tahan lama.

Berikut Brilio Food telah merangkum dari berbagai sumber, enam cara menyimpan daging kambing di kulkas agar awet, Rabu (7/7).


1. Jangan cuci daging dulu.

foto: freepik.com

Untuk menyimpan daging kambing, jangan cuci daging dahulu ya. Sebab, mencuci daging kambing hanya akan membuat aromanya semakin tajam. Meskipun kamu sudah memasaknya dengan berbagai bumbu, bau kambing akan tetap menyengat.


2. Potong-potong sesuai kebutuhan.

foto: freepik.com

Sebelum menyimpannya ke dalam kulkas, jangan lupa potong-potong sesuai kebutuhan ya. Maksudnya, jika kamu ingin membuat olahan tongseng, potong-potong sesuai porsinya dan sisakan potongan lain untuk olahan lain.


3. Lumuri dengan jeruk nipis.

foto: freepik.com

Setelah dipotong-potong, kamu dapat melumuri daging dengan air perasan jeruk nipis. Seperti yang sudah diketahui, jeruk nipis dapat menghilangkan bau pada daging yang memiliki aroma kuat.


4. Simpan ke wadah yang tertutup.

foto: freepik.com

Setelah melumuri daging kambing dengan jeruk nipis, simpan potongan daging ke dalam wadah tertutup. Bedakan setiap wadah potongan-potongan yang digunakan untuk menyimpan daging sesuai olahan.


5. Bekukan daging.

foto: freepik.com

Setelah disimpan ke dalam wadah tertutup dan menyimpannya ke dalam kulkas, bekukan daging dengan suhu tertentu. Membekukan daging tentu akan membuat daging lebih awet.


6. Jangan cairkan daging dengan suhu ruangan.

foto: freepik.com

Jika daging kambing sudah beku dan kamu ingin memasaknya di lain hari, jangan cairkan daging pada suhu ruangan. Sebab, cara ini dapat membuat daging terkontaminasi dengan bakteri. Sebaiknya cairkan daging dengan membesarkan suhu di freezer.

Artikel Asli