MNEK 2022 Siap Digelar di Babel, Libatkan AL Seluruh Dunia

Nasional | republika | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 10:08
MNEK 2022 Siap Digelar di Babel, Libatkan AL Seluruh Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, SIJUK Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melakukan pertemuan dengan Danguspurla Koarmada I, Laksamana Pertama TNI Dato Rusman yang sekaligus juga Dansatgas Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2022 untuk membahas 4th Multilateral Naval Exercise Komodo 2022 dengan tema Cooperation to Strengthen International Maritime Security .

Kegiatan yang dilakukan di ruang pertemuan Swissbel Hotel, Sijuk, Kabupaten Belitung ini menjadi pertemuan awal membahas gambaran secara besar rencana kegiatan MNEK 2022, Senin (5/7).

Kegiatan ini merupakan gagasan Pemerintah Indonesia dalam memelihara perdamaian dan menjaga stabilitas keamanan kawasan maritim baik nasional maupun internasional. Hal ini juga salah satu bentuk diplomasi pemerintah Indonesia melalui TNI AL dengan jalan menghadirkan angkatan laut seluruh dunia di wilayah perairan Indonesia dalam rangka melaksanakan kegiatan dan latihan bersama.

Kegiatan ini juga sebagai ajang memperkenalkan wilayah perairan Indonesia (ALKI I) kepada negara lain sekaligus mengangkat potensi pariwisata dan budaya setempat kepada internasional. Acara ini dilakukan tiap 2 tahun sekali. Kegiatan ini rencananya dilaksanakan pada tahun 2020 lalu, namun karena pandemi yang melanda, 4th MNEK ditunda hingga 2022.

Direncanakan, Belitung akan kedatangan peserta 4th MNEK dari 54 negara. Tentu saja, hal ini menjadi kesempatan emas bagi pemimpin yang kerap di panggil Bang ER. Ini menjadi ajang promosi daerah mengenalkan lokasi wisata Belitung kepada wisatawan asing.

"Saya berterimakasih karena sudah memberi kesempatan kepada Babel khususnya Belitung untuk menjadi tuan rumah. Karena itu, dengan datang nya peserta dari 54, kami harap bisa dimuat program pariwisata juga," ungkapnya.

Rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam MNEK antara lain, Opening Ceremony, Table Top Exercise, Command Post Exercise, VIP Program, Civic Program, Sport Program, Culture Program, Exhibition Program, Field Training Exercise, Hot Wash Up, Closing Ceremony.

"Syukurlah kalau niat kami ini didukung. Saya juga tersanjung dengan sambutan hangat dari bapak gubernur. Akan kami usahakan untuk memberikan yang terbaik bagi Babel" ungkap Dansatgas Dato.

Selain di Pulau Belitung, MNEK 2022 akan diadakan di Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. "Namun, terlaksana atau tidaknya kegiatan ini masih tergantung dengan situasi dan kondisi pandemi," tambah Dansatgas Dato.

Rencananya, besok akan diadakan pertemuan dengan Bupati/Walikota di Babel untuk membahas dan mengoordinasikan hal yang sama.

Artikel Asli