Wakil Ketua MPR Minta Pemerintah Tegas Larang WNA Masuk

Nasional | sindonews | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 09:38
Wakil Ketua MPR Minta Pemerintah Tegas Larang WNA Masuk

JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan mendorong pemerintah pusat untuk melakukan evaluasi dalam menangani laju penyebaran virus Corona di masa pandemi Covid-19.

Penambahan kasus dan munculnya varian baru Covid-19, kata Syarief Hasan, disebabkan pemerintah Indonesia selama ini tidak tegas dalam pelaksanaan kebijakan pembatasan yang dibuat sendiri, salah satunya terkait dengan mobilitas warga negara asing (WNA).

"Dari berbagai kajian menunjukkan bahwa varian baru Covid-19 berasal dari luar negeri yang menyebar di Indonesia antara lain karena kurang ketatnya pembatasan masuknya WNA ke Indonesia," ujar Syarief Hasan kemarin dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (6/7/2021).

Menurut politikus Partai Demokrat itu, kedatangan WNA jelas berpotensi menyebarkan Covid-19, khususnya varian baru Delta dan lain-lain yang berkembang di luar negeri. Untuk itu dirinya mendorong Pemerintah untuk mengambil kebijakan yang lebih tegas.

"Pemerintah harus mengevaluasi implementasi PPKM Darurat di lapangan. Pemerintah juga harus menunjukkan ketegasan terkait masuknya WNA di Indonesia," tambah Syarief Hasan.

Ia juga meminta pemerintah Indonesia berkaca pada kebijakan-kebijakan yang diambil oleh negara lain yang berhasil keluar dari pandemi Covid-19.

"Indonesia tidak perlu malu mencontoh negara lain, seperti Amerika Serikat yang berhasil keluar dari pandemi karena mereka melakukan pembatasan ketat dan lokalisasi kasus sehingga Covid-19 tidak menyebar terus menerus," tandas Syarief Hasan.

Artikel Asli