Nintendo Umumkan Switch OLED, Ini Harga dan Spesifikasinya

Nasional | republika | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 09:43
Nintendo Umumkan Switch OLED, Ini Harga dan Spesifikasinya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nintendo telah mengumumkan model Switch baru dengan layar OLED 720p berukuran 7 inci. Nintendo mencantum model Switch OLED ini hanya mendukung 1080p melalui mode TV.

Dilansir dari The Verge , Rabu (7/7), model Switch OLED akan mulai dijual seharga 350 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 5.074.247,- mulai 8 Oktober.

Selain layar baru, model yang diperbarui ini mencakup dudukan yang dapat disesuaikan untuk pemutaran di atas meja, penyimpanan internal 64GB (naik dari 32GB), dok baru dengan port ethernet kabel yang terpasang di dalamnya, dan audio yang ditingkatkan untuk permainan genggam atau meja. Nintendo hanya menyebutkan hingga 1080p melalui HDMI dalam mode TV untuk dock TV, sehingga mode 4K yang dikabarkan bukan bagian dari Switch OLED ini.

Nintendo telah mengonfirmasi kepada The Verge bahwa tidak ada perubahan internal besar pada CPU atau memori.

Nintendo Switch (model OLED) tidak memiliki CPU baru, atau lebih banyak RAM, dari model Nintendo Switch sebelumnya, kata juru bicara Nintendo.

Di tempat lain, ada sedikit perubahan pada perangkat asli. Nintendo mengatakan masa pakai baterai pada Switch OLED baru ini akan mencapai sembilan jam. Jumlah tersebut sama dengan Switch saat ini.

Switch OLED ini sedikit lebih panjang dari aslinya dan juga sedikit lebih berat, yakni 0,71 pon (0,32 kg). Switch asli memiliki berat 0,66 pon (0,2 kg).

Joy-Cons asli semuanya akan bekerja dengan Switch baru ini. Semua gim yang ada akan berjalan pada model OLED baru ini. Nintendo juga menawarkan unit hitam dan putih ketika model Switch OLED dikirimkan akhir tahun ini. Selain itu, dock baru juga akan berfungsi dengan Nintendo Switch dan model OLED baru ini.

Switch baru tiba hampir dua tahun setelah Nintendo Switch Lite, versi Switch yang lebih kecil dan lebih murah yang tidak dapat pemain gim sambungkan ke TV. Switch Lite memulai debutnya dengan harga 199 dolar AS atau Rp 2.886.465,- pada September 2019.

Diskon gim

Saat ini, GameStop mengadakan diskon besar satu hari untuk dua gim Switch yakni Super Mario Odyssey dan Fire Emblem: Three Houses.

Setiap gim memiliki harga 35 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 507.897,- untuk versi fisik atau digital. Biasanya gim dijual seharga 60 dolar AS atau sekitar Rp 870.687,-.

Super Mario Odyssey merupakan gim menyenangkan terbaru dalam waralaba platform Mario 3D yang sudah berjalan lama. Sementara Fire Emblem: Three Houses memiliki pertempuran strategis berbasis giliran diselingi dengan elemen membangun tim dan teman yang biasa ditemukan di persona permainan.

Artikel Asli