Cuitan Viral Dokter Sebut Penyemprotan Disinfektan di Jalan Buang-buang Uang

Nasional | limapagi.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 09:40
Cuitan Viral Dokter Sebut Penyemprotan Disinfektan di Jalan Buang-buang Uang

LIMAPAGI - Seorang dokter asal Amerika, Faheem Younus belakangan sering mengunggah postingan mengenai pandemi Covid-19 di Indonesia melalui akun Twitternya.

Baru-baru ini cuitannya berbunyi penyemprotan disinfektan di jalan dan ruang terbuka di Indonesia tidak diperlukan viral di media sosial. Tindakan pencegahan penyebaran virus Corona itu bahkan menurutnya membuang-buang waktu, uang dan energi.

Faheem kemudian mengatakan penyemprotan disinfektan dibutuhkan hanya di rumah sakit atau kamar yang dihuni pasien Covid-19, bukan di jalan atau ruang terbuka.

"Benar-benar buang-buang waktu, uang, dan energi. Disinfeksi permukaan TIDAK diperlukan di jalan dan ruang terbuka. Rumah sakit dan kamar dengan pasien COVID adalah cerita lain," cuitnya di akun @FaheemYounus pada Selasa, 6 Juli 2021.

Dalam postingan berbeda Faheem juga berpendapat lebih baik rajin mencuci tangan dan menggunakan uang disinfektan untuk membeli masker.

Sang dokter bahkan meminta agar orang-orang berhenti merasa khawatir dengan penyebaran virus melalui permukaan benda-benda, sebab hal itu sangat jarang terjadi.

"Covid umumnya menyebar dari orang ke orang, melalui kontak dekat atau udara, di ruang dalam ruangan. Penyebaran permukaan SANGAT langka. Berhentilah mengkhawatirkan pegangan, gagang pintu, koran, pakaian, bahan makanan. Cuci tangan saja. Fokus di tempat yang penting," ujar sang dokter.

Faheem Younus merupakan seorang dokter asal Amerika Serikat yang pernah mendapat penghargaan dari mantan Presiden AS Barack Obama pada 2008 atas jasa kemanusiannya.

Saat ini ia merupakan pakar penyakit menular di Universitas Maryland, Amerika Serikat.

Postingannya menjadi perhatian warganet sebab membahas persoalan Covid-19 di Tanah Air. Cuitan viral itu bahkan ia tuliskan dengan menggunakan Bahasa Indonesia.

Baca cuitannya Faheem selengkapnya.

Benar-benar buang-buang waktu, uang, dan energi

Desinfeksi permukaan TIDAK diperlukan di jalan dan ruang terbuka. Rumah sakit dan kamar dengan pasien COVID adalah cerita lain pic.twitter.com/5YAMTBPpI3

Faheem Younus, MD (@FaheemYounus) July 6, 2021
Artikel Asli