BAZNAS Dirikan Tenda Darurat Bantu Tangani Pasien Covid-19

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 09:24
BAZNAS Dirikan Tenda Darurat Bantu Tangani Pasien Covid-19
Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mendirikan tenda darurat sebagai ruang isolasi di Rumah Sakit Syarif Hidayatullah, Kota Tangerang Selatan, Banten. Pendirian tenda darurat menyusul meningkatnya pasien korban Covid-19. Dengan bantuan tenda darurat ini diharapkan dapat menambah kapasitas pasien Covid-19 dan melayani secara maksimal.
"BAZNAS Tanggap Bencana telah memberi bantuan berupa dukungan tenda sebanyak 2 unit dengan masing-masing ukuran 4x6 meter di Rumah Sakit Syarif Hidayatullah Kota Tangerang Selatan, untuk menampung pasien terkonfirmasi Covid-19," kata Pimpinan BAZNAS RI yang membawahi Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan M.A di Jakarta, Selasa (6/7).
Ia menjelaskan, kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat setiap harinya. Bahkan pada 5 Juli 2021, kasus positif mencatatkan rekor harian dengan peningkatan 29.745. Angka itu menjadikan kasus positif menyentuh angka 2.313.829 sejak pertama kali diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada awal Maret 2020 lalu.
"Melonjaknya kasus harian membuat rumah sakit banyak yang penuh. Beberapa rumah sakit rujukan Covid-19 sudah melebihi kapasitas penampungan pasien, hal ini menyebabkan rumah sakit harus mencari cara agar dapat menampung pasien terkonfimasi Covid-19. Maka dari itu tim BAZNAS Tanggap Bencana berupaya penuh untuk membantu para pasien Covid-19 dengan mendirikan tenda darurat di sejumlah rumah sakit di wilayah Jabodetabek," ujar Saidah.
Melalui dukungan tenda ini, Saidah berharap masyarakat yang terpapar Covid-19 dan bergejala serius dapat tertangani dengan baik hingga pulih dengan cepat.
"Sejak awal pandemi tahun lalu, BAZNAS telah menjalankan program-program ekonomi, di antaranya Cash for Work, Paket Logistik Keluarga, Dukungan UMKM, Pemberdayaan Warteg, Zmart, ZChicken, ZCD, Paket Ramadhan Bahagia, dan lainnya yang telah berjalan. Berbagai program itu akan terus dilanjutkan. Yang terbaru, BAZNAS juga merencanakan Family Healing Kit untuk membantu masyarakat yang tengah dalam isolasi mandiri di rumah. Upaya ini merupakan langkah strategis BAZNAS untuk membantu masyarakat keluar dari krisis akibat pandemi," kata Saidah.
Dalam memaksimalkan program ini, kata Saidah, BAZNAS RI turut mengerahkan 1.465 personel response team, 12 personel pemulasaraan, 200 nakes di 7 RSB, dan 279 unit ambulans yang siap siaga kapan pun dibutuhkan.
Artikel Asli