Mulai Hari Ini Jalanan di Kota Bogor Disekat, Ini Titik Penyekatannya!

Nasional | ayojakarta | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 09:11
Mulai Hari Ini Jalanan di Kota Bogor Disekat, Ini Titik Penyekatannya!

BOGOR TENGAH, AYOJAKARTA - Mulai hari ini, Satgas Covid-19 Kota Bogor kembali memperketat mobilitas masyarakat, baik masyarakat yang hendak ke luar Kota Bogor maupun sebaliknya.

Hal tersebut dilakukan untuk menekan potensi penyebaran Covid-19 di Kota Bogor, mengingat lonjakan kasus penambahan harian Covid-19 yang terus terjadi di Kota Bogor.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan, jajaran Polresta Bogor Kota bersama tim gabungan akan melakukan penyekatan di enam titik ruas jalan termasuk pintu tol keluar masuk Kota Bogor.

Penyekatan diberlakukan sepanjang hari, mulai Rabu 7 Juli 2021 pukul 06.00 WIB. Hal itu dilakukan untuk mengurangi mobilitas dan menekan laju penyebaran Covid-19 di Kota Bogor.

Titik penyekatan meliputi selepas pintu gerbang Tol Bogor. Kendaraan dari arah Jakarta akan diputar balik selepas keluar gate tol. Begitu juga sebaliknya, kendaraan dari Kota Bogor mengarah Jakarta diputar balik sebelum pintu masuk Tol Bogor.

Kemudian, di Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) arah Sentul, titik penyekatan dilakukan di keluar tol Kedung Halang-Kedung Badak dan pintu keluar Yasmin.

Selain menutup keluar tol menuju Kota Bogor, dalam waktu bersamaan petugas gabungan juga akan melakukan penyekatan di enam titik lokasi yaitu di perbatasan antara Kabupaten dengan Kota Bogor.

Adapun lima titik penyekatan di jalan raya meliputi Simpang Pomad, Simpang Salabenda, Simpang Ciawi dan Dramaga.

"Total ada enam titik penyekatan. Dua di tol dan empat titik lainnya di perbatasan kota dan kabupaten," katanya, Rabu 7 Juli 2021.

Susatyo mengatakan, penyekatan tersebut akan terus diberlakukan pihaknya selama masa PPKM Darurat. "Seterusnya kita sekat. Tapi sewaktu-waktu bisa diganti penyekatan di pinggiran atau batas kota. Kita lihat dinamikanya di lapangan seperti apa," kata dia.

Kendaraan akan diputar balik, kecuali mereka yang diperbolehkan berdasarkan peraturan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat. Misalnya, angkutan umum, ambulans, mobil dinas, dan pekerja di sektor esensial.

"Kita akan lakukan selektif, sesuai dengan ketentuan. Kalau karena alasan darurat atau pekerjaan di sektor esensial maka diperbolehkan melintas," tutupnya.

Berikut titik-titik penyekatan dan titik-titik check point Kota Bogor selama pemberlakuan PPKM Darurat

Titik Penyekatan

1. Simpang Ciawi

2. Simpang Salabenda

3. Simpang Ciawi

4. Simpang Pomad

5. Simpang Dramaga

6. Stasiun Bogor

Titik Check Poin

1. Simpang Ekalokasari

2. Simpang Baranangsiang

3. Simpang Mall BTM

4. Simpang Jembatan Merah

5. Simpang Jalan Veteran

6. Simpang Air Mancur

Titik Penutupan Jalur

1. Keluar Tol Bogor dari arah Ciawi

2. Keluar Tol BORR dari arah Sentul

Titik Situasional

1. Menyesuaikan kondisi arus lalu lintas di lapangan

Artikel Asli