Harga Minyak Dunia Tergelincir Imbas Batalnya Diskusi Lanjutan OPEC

Nasional | limapagi.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 08:18
Harga Minyak Dunia Tergelincir Imbas Batalnya Diskusi Lanjutan OPEC

LIMAPAGI Harga minyak turun tajam pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi, 7 Juli 2021 WIB), dalam sesi yang bergejolak setelah para produsen OPEC membatalkan pertemuan. Para pemain utama tidak dapat mencapai kesepakatan untuk meningkatkan pasokan.

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman September tergelincir 2,63 per barel atau USD3,4 persen, ditutup pada USD74,53 per barel. Sebelumnya minyak Brent sempat mencapai puncak harga di USD77,84, tertinggi sejak Oktober 2018.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS anjlok USD1,79 atau 2,4 persen dan bertahan di USD73,37 barel. Sebelumnya minyak WTI menyentuh harga tertinggi USD76,98, tertinggi sejak November 2014.

Pada Senin, 5 Juli 2021 waktu setempat, para menteri dari OPEC+, yang mencakup Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), Rusia, dan produsen lainnya, tak membuat pembicaraan lebih lanjut setelah gagalnya negosiasi demi menekan ketegangan antara Arab Saudi, produsen OPEC terbesar, dan Uni Emirat Arab.

Goldman Sachs, perusahaan bank investasi dan jasa keuangan multinasional asal Amerika, mengatakangagalnya pembicaraan telah menimbulkan ketidakpastian pada produksi OPEC. Goldman Sachs memperkirakan Brent akan mencapai USD80 per barel awal tahun depan.

Pada Senin, 5 Juli 2021 waktu setempat, Menteri Perminyakan Irak, Ihsan Abdul Jabbar. mengatakan negaranya tidak ingin melihat harga minyak melonjak di atas level saat ini. Ia berharap bahwa dalam 10 hari akan ditetapkan tanggal pertemuan OPEC+ yang baru.

Artikel Asli