Mobil Pendukung Belajar Jarak Jauh untuk Vaksinasi

Nasional | koran-jakarta.com | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 06:56
Mobil Pendukung Belajar Jarak Jauh untuk Vaksinasi

JAKARTA - Mobil bersatelit guna mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbbudristek) kini dialihfungsikan untuk mendukung percepatan vaksinasi Covid-19. Demikian dikatakan Anggota Tim Akselreasi Reka Cipta Indonesia, Mahir Bayasut, dalam Serah Terima Penggunaan Mobile Vaccinator Ditjen Dikti dengan Pemerintah Provinsi DKI, di Jakarta, Selasa (6/7).

"Mobil ini seharusnya untuk perbatasan di wilayah timur untuk akses atau signal pembelajaran jarak jauh," ujar Mahir. Dia menerangkan saat ini terdapat dua mobil yang didalamnya sudah dipasang kelengkapan untuk vaksinasi mulai dari alat screening sampai tempat duduk.

Dua mobil tersebut dihibahkan ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar dapat langsung memberikan vaksinasi kepada masyarakat. "Dengan adanya covid ini dimanfaatkan dalam mengoptimalkan vaksinasi," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, Nizam, menyampaikan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam penanganan pandemi Covid-19. Beberapa inovasi dan program perguruan tinggi diharapkan dapat menurunkan lonjakan kasus Covid-19.

Terkait hibah Mobile Vaccinator, dia menilai DKI Jakarta layak menerima hibah tersebut karena memiliki kasus Covid-19 tinggi. "DKI sangat membutuhkan. Semoga bisa menjangkau daerah yang belum terima vaksinasi," katanya.

Sementara itu, Deputi Gubernur DKI Jakarta, Suharti, berharap dua armada Mobile Vaccinator dapat memberi dampak nyata pada penanganan Covid-19. Dia juga terus menjajaki berbagai kerja sama dengan berbagai pihak baik untuk penanganan pandemi Covid-19 maupun pembangunan sektor-sektor lainnya.

"Untuk mendukung, menyukseskan pencapaian target vaksinasi DKI Jakarta, kami terus berupaya agar kemampuan vaksinasi bertambah. Dua mobil ini tentunya akan menambah armada," ucapnya.

Artikel Asli