Herd Immunity Diperkirakan Tercapai November Bismillah, Pak Menkes Bisa...

Nasional | rm.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 05:05
Herd Immunity Diperkirakan Tercapai November Bismillah, Pak Menkes Bisa...

Kekebalan kelompok atau herd immunity diperkirakan akan tercapai November 2021. Syaratnya, vaksinasi Covid-9 berjalan lancar.

Prediksi itu dilontarkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Kata dia, untuk menciptakan herd immunity , jumlah masyarakat yang telah divaksinasi harus mencapai 70 persen dari total jumlah penduduk.

Atau sekitar 189 juta orang harus sudah divaksin. Itu (tercapai) November, kata Budi.

Kendati demikian, lanjut Budi, upaya untuk mencapai target tersebut sangat bergantung pada jumlah vaksin yang diterima oleh Indonesia.

Menurut Budi, target herd immunity pada November dapat dicapai apabila Indonesia memiliki 70 persen dari 363 juta dosis vaksin yang dibutuhkan.

Artinya, sebanyak 260 juta dosis vaksin mesti tersedia satu bulan sebelumnya atau Oktober. Ada pun hingga saat ini, Indonesia baru menerima sekitar 70 juta dosis vaksin, bebernya.

Sementara, sekitar 290 juta dosis vaksin akan diterima pada paruh kedua 2021. Setelah vaksin diterima, butuh waktu sekitar satu bulan untuk merampungkan vaksinasi.

Mungkin stok yang Oktober itu akan habis disuntikkan di November. Jadi, kira-kira di November kita akan capai ( herd immunity ), tegas Budi.

Sementara, epidemiolog Universitas Airlangga (Unair) Windhu Purnomo mengungkapkan, Indonesia masih sangat jauh mencapai herd immunity . Pasalnya, ketersediaan vaksin masih minim dan varian virus Corona terus berkembang.

Untuk saat ini, kata Windhu, Indonesia terbentur dengan tantangan mendapatkan vaksin. Vaksin yang ada di Indonesia adalah vaksin yang diproduksi negara lain dengan jumlah terbatas.

Sementara vaksin Merah Putih yang dikembangkan Indonesia, masih dalam tahap uji praklinis atau pengujian pada hewan besar. Kemungkinan baru pertengahan tahun depan Indonesia memperoleh izin penggunaan vaksin Covid-19 buatan sendiri.

Untuk mencapai herd immunity , kita harus dapat vaksin Covid-19 dengan jumlah minimal 378 juta dosis atau 400 juta dosis, sebut Windhu.

Netizen yakin Indonesia bisa mencapai herd immunity secepatnya. Asalkan, ketersediaan vaksin memenuhi, pelaksanaan vaksinasi terus digenjot dan didukung oleh semua elemen masyarakat.

Percepatan vaksin itu sangat penting, kata AnnisaPohan . Menurut dia, target pemerintah mencapai herd immunity pada November 2021 mungkin saja terealisir. Asalkan, pemerintah dapat memberikan vaksin Covid-19 sebanyak minimal 1,5 juta per hari (tanpa jeda) sampai Oktober. Pertanyaannya, sanggupkah? katanya.

ArisSuparianto1 mengatakan, tercapainya herd immunity pada November 2021 cukup realistis. Hanya saja, kesanggupan pemerintah harus juga dibantu secara finansial dan politik.

Harus sanggup mencapai herd immunity , kita bergotong royong dan ketersediaan vaksin harus ada, ujar Paserbumi_NT . Targetnya vaksin 2 juta per hari. Insya Allah kita bisa, sambung rudysarwa .

ElninoZaldi meyakini prediksi pencapaian kekebalan komunal bisa menjadi kenyataan. Syaratnya, target vaksinasi konsisten dijalankan dan tidak kendor di tengah jalan. Bismillah , Pak Menteri Budi, bisa, ujarnya.

Percepatan vaksinasi seluruh Tanah Air harus segera dilakukan, agar target menuju herd immunity dan healthy community berjalan cepat, tepat aman dan terkendali, tutur VeraFebyanthyID .

Berkacamataa berharap, semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya vaksin Covid-19. Semoga nggak bebal lagi, ujarnya. Ayo, percepat vaksinasi masyarakat untuk menciptakan herd immunity , ajak maruligultom .

MHendratmoko meminta publik tidak marah jika prediksi tersebut meleset. Kata dia, prediksi merupakan tanda optimisme. Soal meleset jangan hanya salahkan Menkes. Banyak faktor. Akui saja, jujur. Covid-19 mengganas jangan hanya salahkan pemerintah, tuturnya.

Gimana caranya sih Pak November 189 juta orang. Juli, Agustus, September, Oktober, November, masih butuh 350 juta vaksin. Sebulan 70 juta vaksin tanpa libur. Jadi 2,5 juta vaksin sehari. Mampu? Ya lihat aja itu sejuta vaksin aja cuma 3 hari doang, abis itu turun lagi, ungkap rakachumpz . Sycosid memperkirakan, akhir tahun adalah waktu paling cepat terjadinya herd immunity . Pak Menteri lupa kalau masih perlu waktu untuk membentuk antibodi, ada yang 14 hari dan ada yang 28 hari, ujarnya. [ASI]

Artikel Asli