Euro 2020: Kalahkan Spanyol lewat Drama Adu Penalti, Italia Lolos ke Final

Nasional | ayosemarang | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 05:11
Euro 2020: Kalahkan Spanyol lewat Drama Adu Penalti, Italia Lolos ke Final

LONDON, AYOSEMARANG.COM Timnas Italia lolos ke final Euro 2020 setelah menyingkirkan timnas Spanyol di semifinal, 4-2, lewat drama adu penalti setelah sebelumnya bermain imbang 1-1 di Stadion Wembley, London, Rabu 7 Juli 2021, dini hari WIB.

Alvaro Morata menjadi salah satu penendang yang gagal dalam adu penalti ini setelah tendangannya berhasil ditepis kiper Italia, Gianluigi Donarumma. Sementara pahlawan kemenangan Italia dicetak Jorginho yang berhasil menaklukkan kiper Spanyol Unai Simon.

Italia akan bertemu antara pemenang Inggris versus Denmark yang akan digelar di Stadion Wembley, London, Kamis 8 Juli 2021, dini hari WIB.

Di pertandingan waktu normal, Spanyol sepenuhnya menguasai jalannya pertandingan dengan ball possession 73 berbanding 37 persen. Di babakpertama, kedua tim bermain imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, strategi berbeda dijalankan pelatih Italia Roberto Mancini dan juru taktik Spanyol Luis Enrique. Spanyol memasukkan Alvaro Morata untuk mendongkrak efektivitas lini serang yang memiliki banyak peluang tapi tidak terjadi gol.

Keasyikan menyerang, justru gawang Spanyol berhasil dibobol Italia. Melalui skema counter attack, bola diberikan Donnaruma untuk kemudian menjadi skema serangan mematikan.

Chiesa berhasil menceploskan bola ke gawang Unai Simon pada menit ke-60 setelah lini belakang Spanyol kelabakan dengan skema counter attack Italia. Spanyol pun berusaha mengejar ketertinggalan melalui serangan demi serangan.

Gol itu akhirnya tiba. Lewat permainan satu dua, Morata berhasil menjadi pahlawan timnya untuk memaksa perpanjangan waktu. Morata berhasil lepas dari kawalan Bonucci dan Chiellini untuk kemudian menaklukkan Donarumma pada menit ke-80.

Hingga 90 menit, kedua tim bermain imbang 1-1. Permainan pun dilanjutkan extratime 2x15 menit. Di babak extratime, skor 1-1 masih bertahan hingga dilanjutkan ke babak adu penalti.

Dalam adu penalti tersebut, dua penendang Spanyol gagal mencetak gol yaitu Alvaro Morata dan Dani Almo. Adapun Italia hanya satu penendang yang gagal yaitu Manuel Locatelli. Jorginho menjadi pahlawan kemenangan timnya lewat adu penalti.

Artikel Asli