Pelanggar Prokes di Banjar Langsung Disidang Dadakan di dalam Tenda

Nasional | limapagi.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 01:00
Pelanggar Prokes di Banjar Langsung Disidang Dadakan di dalam Tenda

LIMAPAGI - Satuan Gugus Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 kota Banjar serius dalam menegakkan aturan terkait protokol kesehatan (prokes). Bahkan, para pelanggar protokol kesehatan langsung disidang di pengadilan dadakan yang didirikan di dalam sebuah tenda.

Kapolres Banjar AKBP Ardiyaningsih, mengatakan persidangan dadakan bagi tindak pidana ringan (tipiring) adalah bentuk keseriusan dari Satgas Covid-19 dalam menegakkan aturan. Pasalnya, seluruh perangkat persidangan sengaja disiapkan dan dihadirkan langsung untuk para pelanggar protokol kesehatan.

"Perangkat sidang tipiring tersebut meliputi hakim, panitera, jaksa, serta penyidik Polri dari Polres Banjar Polda Jabar. Hadir dalam sidang tersebut Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih, Kajari kota Banjar Ade Hermawan, Ketua PN kota Banjar Jan Oktavianus," ucap Ardiyaningsih dalam keterangan persnya, Selasa 6 Juli 2021.

Ardiyaningsih menyebutkan, dalam sidang tipiring tersebut terdapat lima orang terdakwa pelanggar protokol kesehatan. Mereka berinisial, AT, SAR, R, AA, dan AN.

"Dalam sidang tersebut para pelanggar Tipiring sebanyak 5 orang," ujarnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih menuturkan, dilaksanakannya sidang tipiring tersebut untuk memberikan efek jera kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan pada masa diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Putusan pengadilan kepada para pelanggar yakni, pelanggar melanggar Peraturan Daerah Provinsi Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat.

"Mereka membayar denda Rp249.000 ditambah biaya perkara Rp1000, terhadap setiap pelanggar," pungkasnya.

Artikel Asli