Ridwan Kamil Peringatkan Ketua RT/RW, Jangan Ada Lagi Warga Wafat saat Isoman

Nasional | limapagi.id | Published at Rabu, 07 Juli 2021 - 00:05
Ridwan Kamil Peringatkan Ketua RT/RW, Jangan Ada Lagi Warga Wafat saat Isoman

LIMAPAGI - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengintruksikan aparat kewilayahan mulai dari ketua Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), sampai kepala desa atau lurah untuk memerhatikan warga yang terpapar Covid-19 yang isolasi mandiri (isoman) di rumahnya. Sehingga tidak ada lagi kejadian warga wafat saat isoman.

"Kita perintahkan RT, RW, Kepala Desa atau Lurah, lebih sigap dalam memonitor mereka-mereka yang isoman. Jangan sampai kejadian ada yang meninggal dunia saat isoman (seperti) di Kabupaten Tasikmalaya," tegas Ridwan dalam jumpa pers virtual, Selasa 6 Juli 2021.

Untuk itu, pihaknya terus berupaya memenuhi kebutuhan pasien Covid-19 yang melakukan isoman. Mulai dari menyediakan ruang isolasi di desa dan kelurahan bagi pasien yang tidak bergejala dan bergejala ringan.

Lalu, untuk kebutuhan obat dan konsultasi kesehatan, pihaknya telah meluncurkan fitur isoman dalam aplikasi Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Pemerintah Provinsi Jabar).

Sementara, untuk pasien yang tengah melakukan isoman dan tidak dapat menjangkau layanan fitur isoman tersebut, Ridwan meminta pihak RT sampai kelurahan dan kepala desa membantunya.

"Pasien yang tidak punya handphone atau kuota, saya minta aktivis di RT sampai kelurahan untuk mewakili permintaan obat dan suplemen," tandasnya.

Ridwan mengklaim, sudah ribuan warga Jabar yang menggunakan fitur ini. Baik yang mengajukan obat, suplemen maupun telekonsultasi dengan dokter.

"Kita siapkan 10 dokter untuk mereka yang isoman. Pengajuan suplemen obat juga sudah kita proses," tambahnya.

Artikel Asli