Loading...
Loading…
Komisi I DPR: Pembahasan RUU Perlindungan Data Pribadi Mentok

Komisi I DPR: Pembahasan RUU Perlindungan Data Pribadi Mentok

Nasional | rm.id | Kamis, 01 Juli 2021 - 12:08

Kesepakatan pembahasan Rancangan Undang-undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) antara DPR dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menemui jalan buntu.

Keduanya mempunyai pandangan masing-masing terkait otoritas pengawas data pribadi. Anggota Komisi I DPR Bobby Rizaldi menjelaskan, memang terjadiperbedaan pandangan posisi otoritas pengawas data pribadi. "Pembahasan Panja RUU PDP mentok," kata Politisi Golkar ini dalam keterangannya yang diterima RM.id, Kamis (1/7).

Dia menyebut, Kemenkominfo berkeinginan agar otoritas pengawas data pribadi ada di bawah kementerian. Sedangkan Senayan ingin otoritas ini berbentuk lembaga independen.

Padahal, jika berkaca dari negara lain, otoritas pengawas data pribadi berada di bawah naungan lembaga independen. Karenanya, pembahasan RUU PDP diserahkan kembali kepada pemerintah.

"Jadi pembahasan ini dikembalikan ke pemerintah. Hampir di seluruh negara, otoritas pengawas data pribadi bentuknya independen," ujarnya.

Sebelumnya, DPR sepakat untuk memperpanjang waktu pembahasan dua RUU, salah satunya adalah RUU PDP. Putusan itu muncul dari hasil rapat paripurna DPR ke-21 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2020-2021, Selasa (22/6) lalu.

Menurut Ketua DPR Puan Maharani, perpanjangan pembahasan RUU PDP ini dilakukan atas permintaan dari pimpinan Komisi I DPR. [ UMM ]

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{
{
{