Loading...
Loading…
Covid-19 Varian Kappa Ditemukan di Sumsel dan DKI Jakarta

Covid-19 Varian Kappa Ditemukan di Sumsel dan DKI Jakarta

Nasional | apahabar.com | Kamis, 01 Juli 2021 - 09:37

apahabar.com, JAKARTA Covid-19 Varian Kappa tidak hanya ditemukan di DKI Jakarta, tapi juga di Sumatera Selatan. Hal itu diketahui setelah Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman mengungkap temuan mereka.

Ditemukan satu di Sumsel dan satu di DKI [Jakarta], kata Kepala LBM Eijkman Amin Soebandrio melalui pesan singkat seperti dilansir apahabar.com dari CNN Indonesia, kamis (1/7).

Dia menjelaskan, varian Kappa merupakan satu dari tiga turunan B.1.617. Selain Kappa (B.1.617.1), dua sisanya yakni Delta (B.1.617.2), dan B.1.617.3, yang hingga kini masih dalam proses penelitian dan belum diberi nama.

Khusus Kappa, lanjut Amin, varian itu tak masuk dalam Variant of Concern (VoC) atau varian yang menjadi perhatian Badan Kesehatan Dunia (WHO). Kappa masih dikelompokkan Variants of Interest dan pertama ditemukan di India pada April lalu.

Untuk B.1.617.1 telah direklasifikasi menjadi VoI dan diberi label varian Kappa, kata dia.

Ia menambahkan, temuan varian Kappa menunjukkan tingkat transmisi yang meningkat di satu wilayah, diiringi prevalensi kasus secara global yang menurun.

Amin menambahkan, varian Kappa masih dalam penelitian, dan akan dinilai ulang secara berkala. Ia tak menyebutkan lebih lanjut terkait tingkat penularan dan level fatalitas dari varian tersebut.

Varian ini menunjukkan peningkatan transmisibilitas (di lokasi tertentu), serta prevalensi global yang menurun, varian ini akan terus dipantau dan dinilai ulang secara berkala, kata dia.

Temuan varian Kappa yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta dalam paparannya ke pemerintah pusat mendapat sorotan. Sebab, varian tersebut dinilai baru sejak ditemukan di India April lalu.

Dalam slide paparannya, Anies mengungkap, dari 128 variant of concern atau mutasi baru corona terdeteksi yang ditemukan di ibu kota, satu kasus di antaranya merupakan varian Kappa.

Original Source

Topik Menarik