Putra Mantan Panglima TNI dan Wapres Ini Naik Kelas Jadi Pangdivif 3 Kostrad, Sebentar Lagi Jadi Jenderal Bintang Dua

koran-jakarta.com | Nasional | Published at 28/06/2021 14:55
Putra Mantan Panglima TNI dan Wapres Ini Naik Kelas Jadi Pangdivif 3 Kostrad, Sebentar Lagi Jadi Jenderal Bintang Dua

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, kembali melakukanmutasidan promosi jabatandi lingkungan TNI. Mutasidan promosi ini dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

Demikian keterangan tertulis dari KabidpenumPuspen TNI, Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto yang diterima Koran Jakarta , Senin (28/6). Menurut Kolonel Edys, mutasi dan promosi ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/540/VI/2021tanggal23Juni 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalamjabatandi lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

"Ada pun Perwira Tinggi (Pati) yang dimutasidan mendapat promosijabatan sebanyak 104 Pati TNI yang terdiri dari65 Pati TNI AD,22 Pati TNI AL, dan17Pati TNI AU," kata Kolonel Edys.

Nah, dari 65 Pati TNI AD yang dimutasi dan mendapat promosi, salah satunya adalah Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo. Brigjen Kunto Arief Wibowo dipromosikan menjadi Pangdivif 3 Kostrad menggantikan Mayjen TNI Wanti Waranei F. Mamahit, Pangdivif 3 Kostrad sebelumnya yang dipromosikan menjadi Pangdam XIII/Merdeka.

Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo sebelumnya menjabat sebagai Kasdam III/Siliwangi. Maka dengan promosi ini, Brigjen Kunto Arief sebentar lagi akan jadi jenderal bintang dua karena posisi
Pangdivif 3 Kostrad adalah jabatan untuk jenderal bintang dua. Sementara jabatan Kasdam III/Siliwangi akan diisi oleh Brigjen TNI Darmono Susastro yang sebelum menjabat sebagai Irum Itjenad.

Siapa Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo? Jenderal bintang satu Angkatan Darat ini merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1992. Ia adalah perwira yang berasal dari Korps Infanteri, korps induk di tubuhTNI.

Brigjen KuntoAriefWibowo lahir di Surabaya, Surabaya, Jawa Timur pada 15 Maret 1971. Iamulai merintis karir militernya selepas lulus dari Akmil di satuan Linud atau Lintas Udara. Sang jenderal bintang satu Linud ini, ternyata bukan anak dari keluarga biasa saja.

Ayahnya, pernah jadi orang penting di republik ini. Sang ayah pernah menjadi Wakil Presiden (Wapres). Bahkan diTNI, sang ayah pernah jadi orang nomor satu alias pernah menjadi PanglimaTNI. Ya,BrigjenKuntoAriefWibowoadalah salah seorang putra dari Jenderal (Purn) Try Sutrisno, mantan Wapres, mantan PanglimaTNI, dan juga mantan KSAD. Jadi darah tentaranya mengucur dari sang ayah.

Selepas lulus dari Akmil,KuntoAriefWibowomerintis karir di Linud 502/Ujwala Yudha. Di Yonif ini, ia pernah menjabat sebagai Danton Yonif Linud 502/Ujwala Yudha. Kemudian, ia digeser menjadi Danton Yonif Linud 412/Bharata Eka Sakti.

Setelah itu dari tahun 2007 sampai 2008,Kuntomemegang jabatan Kasi-2/Ops Korem 083/Baladhika Jaya. Lalu, menjadi Danyonif 500/Raider yang dipegangnya dari tahun 2008 sampai 2009. Jabatan lain yang pernah dipegangnya adalah sebagai Dansatdik Sussarcab Pusdikif Pussenif dari tahun 2009 sampai 2010. Berikutnya, Kasbrigif 13/Galuh dan Danbrigif 6/Trisakti Baladaya.

Dari tahun 2013 sampai 2014,Kuntodipercaya menjadi Kadep Teknik Akmil. Lantas menjadi Asops Kasdam IX/Udayana sejak tahun 2014 hingga 2015. Usai bertugas di Kodam Udaya,Kuntodiberi mandat untuk memegang komando sebagai Danrem 044/Garuda Dempo sampai 2018.

Setelah itu, menjadi Danpuslatpur Kodiklatad sampai kemudian jadi Danrem 032/Wirabraja. Jabatan sebagai Danrem 032/Wirabraja dipegang Kuntodari tahun 2019 sampai 2020. Baru di tahun 2020, ia resmi didapuk sebagai Kasdam III/Siliwangi.Kini, Brigjen Kunto kembali naik kelas menjadi Pangdivif 3 Kostrad. Pangkatnya pun sebentar lagi akan naik jadi jenderal bintang dua alias Mayor Jenderal (Mayjen).

Artikel Asli