8 Rumah Sakit Sudah Oke BPOM Siap Fasilitasi Uji Klinik Obat Ivermectin

rm.id | Nasional | Published at 28/06/2021 14:34
8 Rumah Sakit Sudah Oke BPOM Siap Fasilitasi Uji Klinik Obat Ivermectin

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito menegaskan kesiapannya, untuk memfasilitasi pelaksanaan uji klinik terhadap obat Ivermectin, yang diinisiasi oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan.

Hal ini disampaikan Penny, dalam konferensi pers tentang Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik Ivermectin, yang ditayangkan di kanal YouTube BPOM,Senin (28/6).

"BPOM sebelumnya sudah mengeluarkan izin edar terhadap Ivermectin, sebagai indikasi infeksi kecacingan dalam dosis tertentu. Kami sudah menyampaikan bahwa Ivermectinadalah obat keras, yang memerlukanresep dokter," kata Penny.

Namun, lanjutnya, data-data epidemiologi dan publikasi global telah menunjukkan Ivermectin dapat digunakan untuk penanggulangan Covid-19.

Selain itu, juga ada guideline dari WHO, yang dikaitkan dengan Covid-19 treatment , yang merekomendasikan Ivermectin dapat digunakan dalam kerangka uji klinis.

Pendapat yang sama juga diberikan oleh beberapa otoritas obat dalam sistem regulator yang baik, seperti Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat dan Regulator Obat-obatan Eropa (EMA).

Data uji klinisitu, hingga kini terus dikumpulkan, agar konklusif dalam menunjang penggunaan Ivermectin, untuk penanganan Covid-19.

"Untuk itu, BPOM sejalan dengan rekomendasi WHO, memfasilitasi pelaksanaan uji klinis, yang diinisiasi oleh Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan. Sehingga, akses masyarakat untuk obat tersebut, juga bisa dilakukan segera secara luas," papar Penny, Senin (28/6).

Pertimbangan persetujuan uji klinisini disertai dengan dukungan publikasi, meta analisis dari beberapa hasil uji klinisyang sudah berjalan, dengan metodologi yang sama dan terpercaya. Yaitu randomized control tria l atau acak kontrol.

"Di samping itu juga, sudah ditekankan pada data keamanan Ivermectin untuk indikasi utama, yang menunjukkan adanya toleransi yang baik. Sesuai ketentuan apabila diberikan. Serta adanya jaminan keselamatan, karena Ivermectin dapat digunakan bersama obat standar Covid-19 lainnya," jelas Penny.

Uji klinik ini nantinya akan dilakukan di 8 rumah sakit. Yakni RSUP Persahabatan Jakarta, RSPI Sulianti Saroso Jakarta, RS Sudarso Pontianak, RS Adam Malik Medan,RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, RSAU Esnawan Antariksa Jakarta, RSU Suyoto Jakarta, dan RSDC Wisma Atlet Kemayoran Jakarta.

"Namun, apabila masyarakatmembutuhkan Ivermectin,dan tidakdapat ikut dalam uji klinis,dokter juga dapat memberikan obat tersebutdengan memperhatikan penggunaan sesuai protokol uji klinisyang disetujui," ujar Penny.

"Untuk kehati-hatian, masyarakatdiimbau tidakmembeli obat Ivermectinsecara bebas. Termasuk, membeli melalui platform online yang ilegal," pungkasnya. [HES]

Artikel Asli