Mulai Besok, ASN Kota Bogor 100 Persen WFH

republika | Nasional | Published at 28/06/2021 14:32
Mulai Besok, ASN Kota Bogor 100 Persen WFH

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR-Pemkot Bogor mulai Selasa (29/6) menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) bagi seluruh aparat sipil negara (ASN) di Kota Bogor. Kebijakan itu diberlakukan guna menekan laju penyebaran virus Covid-19 yang belum sepenuhnya terkendali.

"Saya minta disiapkan konsep work from home 100 persen. Mulai besok sampai satu Minggu kedepan 100 persen ASN di kota Bogor," kata Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto usai melantik 311 ASN, di jalan Regional Ring Road (R3), Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor Senin (28/6).

Bima Arya secara khusus meminta Camat Bogor Timur yang baru, Rena Da Frina, untuk menyelesaikan proyek infrasturktur jalur R3. Saat ini, dari total 10 kilometer yang direncanakan, baru terselesaikan sekitar 7 kilometer.

Bima Arya mengaku sengaja memilih lokasi tersebut sebagai tempat pelantikan. Dengan alasan agar jalur R3 bisa menyentuh target penyelesaian jalur tersebut. Dimana nantinya jalur R3 akan terhubung dengan Jalan Raya Tajur. Dia meminta semua struktur pemerintahan berkoordinasi. Mulai dari camat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor.

"Saya pilih lokasi ini untuk pelantikan, untuk menguatkan komitmen pemkot untuk menyelesaikan infrasturktur jalan ruas R3 ini. Saya minta semua berkoordinasi. Ada Bu Camat baru, koordinasikan dengan Bappeda, BKAD, Dishub, semuanya. Untuk memastikan keberlanjutan ini. Sebelum 2024 harus sudah tuntas ini," ucapnya.

Berdasarkan data yang dimiliki Pemkot Bogor, ratusan kursi pejabat yang dirombak, Bima Arya mengganti dua posisi camat. Yakni kursi camat Bogor Barat dan camat Bogor Timur.

Posisi camat Bogor Barat, kini diisi Abdul Rahman, yang sebelumnya duduk sebagai kepala bidang di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Diketahui, posisi camat Bogor Barat sempat kosong setelah ditinggal Juniarti Estiningsih, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor.

Kemudian, camat Bogor Timur dijabat Rena Da Frina, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Camat Bogor Timur. Sedangkan camat sebelumnya, Wawan Sanwani, dipindahtugaskan ke jabatan Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor.

Tak hanya camat, berbagai jabatan di dinas-dinas seperti Dinas Pendidikan (Disdik), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), dan dinas lainnya terdapat rotasi pejabat.

Artikel Asli