Anies: Fasilitas Pendukung Isolasi di Rusun Terus Dilengkapi

republika | Nasional | Published at 28/06/2021 13:20
Anies: Fasilitas Pendukung Isolasi di Rusun Terus Dilengkapi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus melengkapi fasilitas pendukung untuk menunjang kebutuhan bagi para pasien yang sedang melakukan isolasi di sejumlah rumah susun (rusun) rujukan pemerintah. Anies mengapresiasi sejumlah pihak yang turut menyumbangkan fasilitas pendukung seperti kipas angin di Rumah Susun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara.

"Fasilitasnya terus ditambah. Kita terima kasih pada kolaborasi banyak pihak yang ikut mendukung, ada yang menyumbangkan tempat tidur, kipas angin, ada yang menyumbangkan fasilitas pendukung lainnya, sehingga warga yang harus isolasi dengan lebih nyaman di sana," kata Anies saat ditemui di sentra vaksin Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta Pusat, Senin (28/6).

Sebelumnya, pemerintah menyiapkan ruang isolasi pasien COVID-19 di rusun Jakarta, seperti Rusun Nagrak, Cilincing Jakarta Utara dan Rusun Pasar Rumput, Jakarta Selatan. Penyiapan ruang isolasi terkendali dari pemerintah ini diharapkan dapat menampung pasien, selain di RS Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran dan rumah sakit rujukan lainnya yang kini sudah melebihi kapasitas.

"Harapannya nanti, pengelolaan (pasien) di Wisma Atlet orang yang harus diisolasi makin banyak, maka tempat di Rusun Nagrak maupun sekarang disiapkan di Pasar Rumput bisa menjadi tempat untuk penampungan," kata Anies.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan sebanyak 7.936 tempat tidur untuk isolasi pasien positif COVID-19 disiapkan di Rusun Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan. "Dalam seminggu ke depan juga sudah mulai siap secara bertahap," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria ketika meninjau Rusun Pasar Rumput di Jakarta Selatan.

Penyiapan tempat tidur untuk isolasi bagi pasien COVID-19 tanpa gejala itu didukung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), termasuk pengatur suhu ruangan atau AC dan kipas angin. "AC secara bertahap akan dipasang juga nanti tempat tidur dan faskes (fasilitas kesehatan) lainnya," katanya.

Artikel Asli