Dukung BEM UI Kritik Keras Jokowi, Pengamat: Demi Perubahan!

jawapos | Nasional | Published at 28/06/2021 13:15
Dukung BEM UI Kritik Keras Jokowi, Pengamat: Demi Perubahan!

JawaPos.com Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) tengah menjadi sorotan setelah mereka melayangkan kritikan keras kepada Presiden RI Joko Widodo. Mereka menyebut Jokowi sebagai King of Lip Service alias Raja Pembual karena kerap tidak merealisasikan janji-janjinya.

Kritikan keras itu membuat BEM UI dipanggil oleh pihak rektorat kampus. Aksi ini juga menuai pro kontra di media sosial.

Mengomentari hal tersebut, pengamat hukum Universitas Trisakti Radian Syam menegaskan bahwa ia mendukung kritikan mahasiswa yang dilayangkan kepada Jokowi. Radian meyakini, kritikan tersebut diberikan semata-mata demi negara yang lebih baik.

Saya yakin apa yang dilakukan oleh teman-teman mahasiswa bertujuan menjaga menjaga kedaulatan negara. Mahasiswa adalah agen perubahan dan masih memiliki nilai-nilai akademik yang selalu menjunjung tinggi etika, kata Radian.

Radian menambahkan, sejak era Orde Lama hingga era demokrasi, sudah menjadi hal yang sangat biasa ketika pelajar dan mahasiswa secara naluri selalu menjadi agen pengontrol dan agen perubahan. Karenanya, menurut Radian, adalah hal yang salah ketika para mahasiswa yang tergabung dalam BEM UI dibatasi dalam mengkritik Jokowi.

Mahasiswa sudah terbukti mampu membuat perubahan arah perkembangan demokrasi dengan berbagai dampaknya di Indonesia saat ini. Mereka saat ini sudah memanfaatkan era digital secara utuh dengan sebuah tanggung jawab, meski dalam kondisi yang dihadapi di tengah pandemi, ujar Radian.

Karenanya, Radian mendorong para mahasiswa untuk tetap kritis terhadap pemerintah sembari ikut sumbangsih memberikan solusi terbaik dalam mengambil kebijakan demi kepentingan rakyat sesuai dengan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945.

Tentunya dengan tetap menjaga norma etika dan intelektual sebagai mahasiswa Indonesia, tutupnya.

Artikel Asli