Sebanyak 44 Siswa Pramuka Ikuti Bimbingan Teritorial Terpadu Bimbingan Kodim Bengkalis

riau24.com | Nasional | Published at 28/06/2021 12:56
Sebanyak 44 Siswa Pramuka Ikuti Bimbingan Teritorial Terpadu Bimbingan Kodim Bengkalis

RIAU24.COM- BENGKALIS - Satuan Karya (Saka) Pramuka Wira Kartika binaan Kodim 0303/Bengkalis melaksanakan kegiatan Bimbingan Teritorial (Binter) terpadu semester 1 Tahun 2021 terhadap anggota pramuka dipusatkan di kantor Makodim 0303/Bengkalis Jalan Bantan Desa Senggoro, Minggu 27 Juni 2021.

Kegiatan tersebut bertemakan 'Mewujudkan Binter TNI AD yang adaptif melalui pembinaan pramuka SWK Guna membentuk generasi muda berkarakter dan berwawasan kebangsaan'.

Dalam kegiatan tersebut diikuti 44 orang anggota Pramuka yang terdiri dari SMA N 1 Bengkalis SMA N 2 Bengkalis, SMA N 3 Bengkalis, SMA N 4 Bengkalis, SMK N 1 Bengkalis, SMK N 2 Bengkalis, SMK N 3 Bengkalis, MAN 1 Bengkalis, STAIN Bengkalis, STIE Syariah Bengkalis dan Politeknik Negri Bengkalis yang mana masing-masing mengirim 4 perwakilan setiap sekolah, 2 Pa dan 2 Pi.

zxc1

Dalam amanat Letkol Inf Lizardo Gumay yang dibacakan Serda S Pasaribu bahwa ini merupakan momentum yang tepat dalam meningkatkan terwujudnya generasi muda Indonesia yang memiliki keterampilan sesuai dengan Krida Saka Wira Kartika dan terwujudnya generasi muda yang memiliki pengetahuan keterampilan dan kesadaran dalam membela negara Indonesia.

"Tumbuhnya kebanggaan generasi muda sebagai warga negara Indonesia yang berbhineka tunggal ika. Kemudian terbentuknya fisik dan mental serta kepribadian baik dikalangan generasi muda dalam menghadapi berbagai pengaruh negatif dan terbentuknya generasi muda yang mandiri peduli bertanggung jawab dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat," ungkap Serda S Pasaribu.

Lanjutnya, dalam melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui kegiatan teritorial (Binter) hakikatnya nya ialah menyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya yang dibina secara dini untuk dibangun, dipelihara, dan ditingkatkan.

zxc2

"Salah satu upaya yang dilakukan TNI angkatan Darat dalam membantu pemerintah menyiapkan kekuatan pendukung secara dini adalah dengan cara membantu satuan karya Saka Wira Kartika guna meningkatkan pembinaan bagi generasi muda melalui Saka Wira Kartika oleh TNI AD dalam wadah pembinaan gerakan pramuka saka wira kartika dilaksanakan oleh Satkowil jajaran TNI angkatan Darat,"ujarnya.

Ini diperuntukkan, lanjut Pasaribu bagi pramuka penegak pramuka pandega guna membantu pemerintah dalam menyiapkan generasi muda dalam memberikan pendidikan kesadaran bela negara dalam rangka mencegah pudarnya rasa cinta tanah air dikalangan generasi muda akibat dari semakin maraknya budaya asing dan pergeseran norma budaya bangsa mengarah pada perpecahan dan upaya menghilangkan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan bermasyarakat selain itu.

"Ini juga bertujuan memberikan keterampilan kepada generasi diwadahi kedalam lima krida yaitu keridaan aplikasi darat, krida mountaineering, krida pionering, krida survival, dan krida penanggulangan bencana sebagai bekal nantinya dalam bekerja dan mengabdi kepada masyarakat. Untuk itu mari kita bersama-sama menjaga keutuhan NKRI demi tercapainya cita-cita bangsa dan negara," pungkasnya.

Artikel Asli