Burgers` Zoo, Lokasi Terumbu Karang Terbesar Eropa

republika | Nasional | Published at 28/06/2021 12:21
Burgers` Zoo, Lokasi Terumbu Karang Terbesar Eropa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Riset tentang ekosistem bawah laut akan dilakukan di lokasi terumbu karang terbesar Eropa. Di sana juga dirawat terumbu karang langka yang disita dari pencuri.

Di Burgers' Zoo, Belanda ada sebuah atraksi baru yang sangat menarik. Yaitu sebuahterumbu karang. Instalasi lampu yangberatnya berton-ton di kebun binatang itu membuat terumbu karang bisa ditonton dengan baik.

Terumbu karang ini bukan sekadar tontonan. Ini juga proyek penelitian.

Hal yang paling istimewa di bawah air adalah kenanekaragamanwarna.Hijaumenyala,oranyedankuning. SemuahidupsuburditerumbukarangbuatanyangpalingbesardiEropa.Sensasi ini diciptakan pakarbiologilautMaxJansedantimnya.

Kamiberusaha membangunterumbusebaikmungkinbagikarang, kata Max Jense.

Denganteknikdanpengetahuandaripenelitianilmiah, timnyaperusahamembuatlingkungansebaikmungkinbagiterumbukarang. Misalnyadengancaramemberimakanterumbukarang.

Penelitian masih kurang

Sejauhini,penelitibarutahusekitar30 persen,bagaimanaorganismeiniberfungsi.Ekosistemterumbukarangdikebunbinatangini menjadiharapanbesarbagipenelitian.

DiArnhempakarbiologiberusahalebihmengertiterumbukarang. Mereka jugamencaritahu,apayangbisamembantuorganismeiniselamatdialambebasuntukjangkapanjang.

MisalnyadiGreatBarrierReef,Australia. Kondisisuhulautanyangmakinhangat,meningkatnyakadarkeasamanair,polusidankerusakanakibatpenangkapanikanbesar-besaranjugamengakibatkanpemutihankarang, yang berartikematianterumbukarang.

"Itu ibaratnyahutantanpahewan.Jikahutantidakada,hewanliarjugatidakada.Samahalnyadenganterumbukarang.Jikakoraltidakada,hewan-hewanlainjugatidakada," ucap Max Janse.

Terumbukarangadalahtempatpemijahanhewandilautan.DiBurgers'ZoodiArnhem,inijadibagianterpentingduniabawahairnya.Terumbukarangtumbuhdisinilebihcepatdansehatdibandingdialambebas.

Artikel Asli