Salut! Presiden Termiskin di Dunia. Sumbangkan 90% Gajinya Untuk Rakyat

riau24.com | Nasional | Published at 28/06/2021 11:56
Salut! Presiden Termiskin di Dunia. Sumbangkan 90% Gajinya Untuk Rakyat

RIAU24.COM- Perkenalkan Jose Mujica, presiden Uruguay yang menjabat sejak 2010 sampai 2015.

Jose tinggal di pertanian bobrok dan menyumbangkan sebagian besar gajinya kepada rakyat. Air yang ia konsumsi berasal dari sumur di pekarangan yang ditumbuhi rumput liar.zxc1Gaya hidupnya jelas sangat berbeda dengan kebanyakan pemimpin dunia lainnya. Jose menolak tinggal di rumah mewah yang disediakan negara bagian Uruguay untuk para pemimpin.

Jose memilih untuk tinggal di rumah pertanian istrinya, di luar jalan tanah di luar ibu kota, Montevideo.

Jose Mujica menyumbangkan sekitar 90% dari gaji bulanannya, setara dengan $12.000 (7.500), untuk amal. Hal ini membuatnya dicap sebagai presiden termiskin di dunia.zxc2"Saya telah hidup seperti ini hampir sepanjang hidup saya," katanya, duduk di kursi tua di tamannya, dikutip dari BBC.

Sumbangan amal yang ditujukan kepada orang miskin dan pengusaha kecil membuat gajinya setara dengan pendapatan rata-rata Uruguay sebesar $775 (485) per bulan.

"Saya disebut 'presiden termiskin', tapi saya tidak merasa miskin. Orang miskin adalah mereka yang bekerja hanya untuk mempertahankan gaya hidup yang mahal, dan selalu menginginkan lebih dan lebih," katanya.

Jose menganggap sebagian besar pemimpin dunia memiliki obsesi buta untuk mencapai pertumbuhan konsumsi, seolah-olah sebaliknya akan berarti akhir dunia.

"Aku mungkin tampak seperti orang tua yang eksentrik... Tapi ini adalah pilihan bebas."

Artikel Asli