Maskapai Super Air Jet Siap Terbang, Intip Rute dan Harganya!

goodnewsfromindonesia.id | Nasional | Published at 28/06/2021 11:01
Maskapai Super Air Jet Siap Terbang, Intip Rute dan Harganya!

Maskapai baru Super Air Jet (SAJ) akhirnya telah resmi mengantongi izin dari Kementerian Perhubungan dan tinggal menunggu waktu untuk mengudara.

SAJ merupakan maskapai penerbangan domestik di Indonesia yang didirikan pada Maret 2021. Ia memiliki kode penerbangan IU dari dari IATA (Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional) dan "SJV" dari ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional).

Pada Jumat (25/6/2021), PT Super Air Jet telah mendapatkan sertifikasi Air Operator Certificate (AOC) dengan tipe pesawat Airbus A320.

"Proses sertifikasi dalam rangka penerbitan AOC sudah kami lakukan berdasarkan surat permohonan dari pihak SAJ sejak 30 September 2020, proses sertifikasi mengacu kepada ketentuan ICAO dan regulasi penerbangan yang berlaku di Indonesia," kata Novie Riyanto, Dirjen Perhubungan Udara, seperti dikutip CNBC Indonesia.

"Dengan selesainya seluruh tahapan sertifikasi terhadap SAJ, maka SAJ dinyatakan telah memenuhi seluruh persyaratan teknis dan keselamatan sebagai pemegang Air Operator Certificate," tambahnya.

Mengenal Super Air Jet, Maskapai Terbaru Indonesia yang Meluncur Saat Pandemi

Proses sertifikasi AOC sebelumnya telah dilakukan pihak SAJ selama sembilan bulan dengan melewati lima tahapan, termasuk pre application, formal application, document compliance, demonstration & inspection, dan certification.

Dadun Kohar, Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, menjelaskan bahwa SAJ sudah memenuhi persyaratan penerbitan AOC. Untuk melengkapi persyaratan, SAJ pun sudah bekerjasama dengan PT. Batam Teknik sebagai pemegang Approved Maintenance Organization untuk perawatan pesawat A320.

"Kami pastikan, seluruh ketentuan penyelenggaraan angkutan udara dan penerbitan AOC berjalan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Begitupun dengan serangkaian persyaratan lainnya yang harus dipenuhi oleh Super Air Jet, ujar Dadun.

Mengenal Sepak Terjang 5 Maskapai Terbaik Indonesia, dan Beragam Jenis Layanannya

Rute dan harga tiket SAJ

SAJ merupakan maskapai domestik terbaru di Indonesia yang bertarif rendah atau Low Cost Carrier (LCC). SAJ menyasar pasar generasi milenial dan memberikan pengalaman penerbangan premium untuk tujuan wisata, pendidikan, pebisnis muda, dan kunjungan ke berbagai kota favorit dengan harga terjangkau.

Pada tahap awal, SAJ akan mengoperasikan pesawat Airbus 320-200 dengan kapasitas 180 kursi kelas ekonomi. Saat ini sudah ada beberapa rute penerbangan SAJ. Namun, pemesanan via situs resmi masih belum dibuka. Berikut rute yang bakal dijalankan:

Harga yang diberlakukan untuk beragam rute tersebut dikabarkan antara Rp252 ribu hingga Rp536 ribu, sekali jalan. SAJ juga menawarkan bagasi gratis seberat 20 kg dan ada pula pilihan Bagasi Prabayar, penawaran dengan harga lebih terjangkau dengan pemesanan enam jam sebelum keberangkatan.

Pada masa pandemi, maskapai ini juga menjalankan fasilitas Rapid Test COVID-19 sesuai rekomendasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan Surat Menteri Perhubungan, dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Calon penumpang juga bisa membatalkan pemesanan dengan menggunakan fitur Refund Request . Dana pembelian tiket dapat dikembalikan dan hanya berlaku bagi pembelian melalui situs, aplikasi, call center , serta kantor penjualan tiket resmi SAJ.

Menurut keterangan SAJ soal refund , untuk rekening bank asing luar Indonesia, transfer dana akan menggunakan (CURR) USD/SGD/MYR ke akun Anda. Konversi mata uang akan didasarkan pada kurs bank dan biaya admin akan dibebankan pada penerima dan dipotong jumlah pengembalian dana.

Ada pula fitur Change Flight jika ingin mengubah penerbangan. Prosesnya bisa dilakukan dengan mengisi tanggal booking, tanggal penerbangan, dan nama penumpang.



Penulis: Dian Afrillia
Dirilis pada 28 Juni 2021 11.00 WIB

Good News from Indonesia

Artikel Asli