Pelatih Belgia Ungkap Rahasia Kemenangan Lawan Portugal

ayosemarang | Nasional | Published at 28/06/2021 11:15
Pelatih Belgia Ungkap Rahasia Kemenangan Lawan Portugal

SEVILLA, AYOSEMARANG.COM -- Pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez, mengungkapkan rahasia di balik kemenangan timnya saat melawan Portugal di babak 16 besar Piala Eropa 2020 (Euro 2020), Senin 28 Juni 2021, dini hari WIB.

Pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez menilai, kemenangan atas Portugal tidak hanya menunjukan kemampuan timnya dalam bertahan, tapi juga dalam beradaptasi dengan gaya permainan lawan.

Belgia sukses membungkam Portugal lewat gol semata wayang Thorgan Hazard pada menit ke-43. Setelah gol itu, Portugal gagal menyamakan kedudukan hingga 90 menit di pertandingan yang digelar di Stadion La Cartuja, Sevilla.

Di sepanjang laga, Die Rode Duivels memang cenderung tampil bertahan dan lebih sering mengandalkan serangan balik cepat. Pilihan gaya permainan ini, tutur Martinez, semata-mata diambil untuk meredam gaya permainan Portugal, yang dikenal ofensif.

Di sepanjang laga, Portugal memang terus memborbadir pertahanan Belgia dengan melepaskan 23 tembakan, termasuk empat tembakan tepat mengarah ke gawang. Sementara Belgia hanya melepaskan enam tembakan.

''Laga ini tidak hanya menunjukan seberapa bagus tim ini, tapi juga soal kemampuan beradaptasi dengan permainan Portugal. Mereka adalah juara bertahan Piala Eropa dan UEFA Nations League. Tentu, mereka memiliki pengalaman dan tahu caranya mengalahkan Anda,'' tutur Martinez seperti dilansir laman resmi UEFA, Senin 28 Juni 2021.

Telah mencatatkan keunggulan pada babak pertama, pertahanan Belgia menjadi bulan-bulanan pada sepanjang babak kedua. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 15 tembakan, termasuk tiga tembakan tepat mengarah ke gawang semifinalis Piala Dunia 2018 tersebut.

Di titik ini, Martinez memuji kemampuan anak-anak asuhnya dalam menjaga konsentrasi, terutama di lini belakang. Pun dengan mentalitas serta kemampuan para penggawa Die Rode Duivels tampil disiplin dalam menerapkan taktik permainan.

''Mereka memiliki momentum pada babak kedua. Namun, kami mampu menunjukan konsentrasi yang luar biasa dan bertahan dengan sangat bagus. Kami telah menunjukan mentalitas yang luar biasa. Kemenangan ini soal kedispilinan dalam menjalankan taktik permainan dan kecerdikan,'' kata pelatih asal Spanyol tersebut.

Di babak perempat final, Belgia sudah ditunggu Italia, yang sukses membungkam Austria, 2-1, di laga kedua babak 16 besar Euro 2020, Minggu 27 Juni 2021, dini hari WIB.

Belgia pun memiliki memori apik saat menghadapi Gli Azzurri di babak perempat final. Terakhir kali Belgia mencatatkan kemenangan di babak perempat final di Piala Eropa adalah saat menyingkirkan Italia pada Euro 1972.

Artikel Asli